Mobil SAPA Dekatkan Layanan Konseling kepada Masyarakat

Kamis, 16 Januari 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 750

Dinas PPAPP Bersinergi Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga di Jakarta Melalui Kehadiran Mobil SAPA

(Foto: Reza Pratama Putra)

Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta menggandeng PT Hanwha Life Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga di Jakarta.

"M enjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan konseling,"

Melalui kolaborasi bersama Save the Children dan NFDMC, PT Hanwha Life Indonesia memberikan hibah dua unit Mobil Layanan Konseling Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Mochammad Miftahulloh Tamary mengatakan, keberadaan Mobil SAPA bertujuan memberikan layanan konsultasi langsung untuk keluarga, terutama terkait kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ia menyampaikan, layanan ini akan ditangani oleh konselor profesional dari Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) dan Pusat Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA).

“Mobil ini menjadi sarana penting untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan konseling di berbagai wilayah Jakarta,” ujar Miftah, pada acara Serah Terima Mobil SAPA di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/1).

Ia menjelaskan, selain memberikan layanan konsultasi, Mobil SAPA juga berfungsi sebagai media komunikasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan perempuan dan anak.

“Program ini sejalan dengan upaya pemerintah provinsi dalam menciptakan lingkungan yang aman, ramah, dan mendukung hak-hak perempuan serta anak,” katanya.

Miftah mengatakan, keberadaan Mobil SAPA merupakan bagian dari Program Peningkatan Kualitas Keluarga yang bertujuan memberikan layanan komprehensif bagi masyarakat. Fokus utamanya adalah menciptakan kesetaraan gender, mengatasi berbagai isu kekerasan dalam rumah tangga, serta meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak di Jakarta.

“Dengan layanan yang bersifat mobile, program ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok wilayah ibu kota,” ucapnya.

Miftah menyampaikan, Mobil SAPA mampu mendekatkan layanan konseling kepada masyarakat yang selama ini sulit mengakses fasilitas tersebut.

Ia menjelaskan, layanan ini tidak hanya ditujukan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi, tetapi juga membantu mencegah kasus-kasus kekerasan melalui edukasi dan penyuluhan langsung.

Miftha menambahkan, dengan sinergi berbagai pihak, upaya ini menjadi bagian dari visi bersama untuk membangun Jakarta yang lebih ramah dan berkeadilan sosial.

“Melalui langkah ini, pemerintah berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas Mobil SAPA secara optimal. Program ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman, maju dan sejahtera bagi perempuan dan anak di Jakarta,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
 Pos Pengaduan Daring Dinas PPAPP DKI Beroperasi Efektif

Pos Pengaduan Daring Dinas PPAPP DKI Beroperasi Efektif

Sabtu, 03 Oktober 2020 2869

Dinas PPAPP Diseminasi Hasil Pendataan Keluarga Satu Pintu Tahun 2024

Dinas PPAPP Rampungkan Hasil Pendataan Keluarga Satu Pintu Tahun 2024

Sabtu, 07 Desember 2024 2569

Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Turun, Legislator Komisi E Apresiasi Dinas PPAPP

Legislator Komisi E Farah Savira Apresiasi Kekerasan Perempuan dan Anak Turun

Rabu, 11 Desember 2024 862

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469063

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307922

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284378

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 261012

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196624

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks