Kadis Dukcapil Tinjau Pelaksanaan Layanan Jemput Bola di Malaka Jaya

Selasa, 16 November 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2546

Kadis Dukcapil Tinjau Layanan Jemput Bola di Malaka Sari

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin memantau langsung layanan jemput bola sekaligus menyerahkan secara simbolis administrasi kependudukan (adminduk) di RW 13, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan  Duren Sawit, Jakarta Timur.

Memberikan layanan yang mudah, ramah dan inovatif

Budi mengatakan, melalui layanan yang diberikan Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur hari ini hingga pukul 12.20 WIB ada 780 Kartu Keluarga (KK) dicetak dan didistribusikan, perekaman e-KTP tujuh, cetak maupun distribusi Kartu Identitas Anak (KIA) ada 83, 30 layanan Akta Kelahiran, 12 Akta Kematian, layanan konsultasi 11 orang, dan cetak e-KTP ada 12.

"Administrasi kependudukan ini banyak terkait dengan kebutuhan lain seperti KIA yang diperlukan untuk dokumen pendukung masuk sekolah, membuat rekening bank, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS, serta Kartu Jakarta Pintar (KJP)," ujarnya, di lokasi kegiatan, Selasa (16/11).

Budi menyampaikan terima kasih kepada warga Kelurahan Malaka Jaya yang sangat antusias serta bekerja sama dengan ikhlas membantu aparatur tingkat kelurahan dalam memberikan layanan adminduk dengan baik. Sehingga, ke depan masyarakat dalam mengurus BPJS, NPWP, bantuan sosial hingga perizinan tidak terkendala oleh permasalahan NIK dan KK yang belum dimutakhirkan.

"Layanan jemput bola selain memberi kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk layanan kependudukan, melalui kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memantau langsung permasalahan-permasalahan layanan adminduk pada akar rumput tingkat kelurahan," terangnya.

Ia berpesan, jika masyarakat merasa dipersulit atau mendapati adanya praktik pungutan liar (pungli) dapat segera melapor.

"Kami tidak segan memberikan tindakan tegas bagi petugas yang masih memakai cara lama seperti itu. Kami ingin seluruh jajaran memiliki komitmen dalam memberikan layanan yang mudah, ramah dan inovatif," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 13, Kelurahan Malaka Jaya, Arif Kurniawan menyampaikan apresiasi dan terima kasih dengan adanya layanan jemput bola adminduk tersebut.

"Alhamdulillah, warga RW 13 sangat antusias sehingga saat ini di RW 13 telah mencapai  90 persen untuk anak yang mendapatkan KIA. Layanan ini sangat membantu masyarakat, semoga juga bisa menjangkau wilayah-wilayah lain," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Kadis Dukcapil : Pelayanan Terbaik Diberikan Sejak Individu Lahir

Budi Awaludin Bertekad Beri Layanan Dukcapil Cepat, Mudah dan Bebas Pungli

Jumat, 20 Agustus 2021 2614

Kepala Dinas Dukcapil Monitoring Layanan Jemput Bola Perekaman e-KTP Bagi Pelajar

Kepala Dinas Dukcapil Monitoring Layanan Jemput Bola Perekaman e-KTP Bagi Pelajar

Selasa, 09 November 2021 2493

Pemprov DKI Tindak Lanjuti Rekomendasi Ditjen Dukcapil Kemendagri, Percepat Perbaikan Layanan Kepend

Pemprov DKI Tindakan Lanjuti Rekomendasi Ditjen Dukcapil Kemendagri, Percepat Perbaikan Layanan Kependudukan

Selasa, 07 September 2021 1280

Pengurusan Adminduk Di Jakarta Lebih Mudah Termasuk Warga Rusun Sewa

Pengurusan Adminduk di DKI Sangat Mudah Termasuk Bagi Penghuni Rusun

Kamis, 07 Oktober 2021 1554

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 468503

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307238

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

Jumat, 10 Juli 2015 285052

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 283951

 4500 Warga Ramaikan Karnaval KBT

Karnaval KBT Dipadati Ribuan Warga

Minggu, 30 Agustus 2015 282629

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks