Jumat, 05 April 2019 Reporter: Maulana Khamal Macharani Editor: Toni Riyanto 2691
(Foto: Maulana Khamal Macharani)
Aplikasi CRM (Citizen Relation Management) Jakarta Smart City yang terintegrasi dengan seluruh kanal pengaduan masyarakat disosialisasikan kepada warga di Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat.
Pada kesempatan yang sama, warga juga sekaligus disosialisasikan aplikasi Jak Potret yang merupakan aplikasi survei untuk menghimpun penilaian kepuasan masyarakat atas kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
Lurah Galur, Fajar Laksono mengatakan, sosialisasi diikuti oleh 70 warga yang merupakan pengurus RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), serta tokoh masyarakat.
"Kedua aplikasi itu sangat bermanfaat bagi warga maupun aparatur pemerintah. Warga perlu ikut berpartisipasi dan berkolaborasi, sekaligus mengawasi pelaksanaan program-program pembangunan," ujarnya, di lokasi sosialisasi, Kantor Lurah Galur, Jumat (5/4).
Fajar menjelaskan, sosialisasi ini juga diadakan dalam rangka penjadwalan calon responden untuk mengisi survei pada kanal Jak Potret yang akan dimulai pada tanggal 13-17 April 2019.
"Untuk analisisnya akan dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika
dan Statistik pada 27 April mendatang," terangnya.Sementara, Ketua RT 03/03, Kelurahan Galur, Yohanes Sudibyo mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi adanya aplikasi-aplikasi yang semakin memberikan kemudahan bagi warga untuk menyampaikan laporan atau pengaduan maupun penilaian kinerja aparatur pemerintah.
"Saat ini kita memasuki era digital dan melalui aplikasi itu warga benar-benar dilibatkan secara langsung dan semua bisa menjadi lebih cepat," tandasnya.