Rabu, 22 Juni 2016 Reporter: Nani Suherni Editor: Rio Sandiputra 5579
(Foto: Ilustrasi)
Pada peluncuran resmi Jakarta Smart City Lounge hari ini, diperkenalkan tampilan terbaru dari portal Jakarta Smart City (smartcity.jakarta.go.id) yang lebih interaktif.
"Portal untuk melihat kinerja kepala SKPD di Pemprov DKI Jakarta dan memberikan komentar maupun umpan balik terhadap capaian kinerja mereka (kpi.jakarta.go.id)," kata Setiaji, Kepala Unit Pengelola JSC, Rabu (22/6).
Ada juga executive dashboard yang merupakan aplikasi terpadu untuk pimpinan memantau berbagai informasi yang telah terintegrasi di JSC. Serta citizen relationship management (CRM) sebagai platform untuk merespon berbagai aspirasi warga.
Pada bidang data dan analisis, JSC berhasil mengintegrasikan 265 dataset dari dinas dinas Pemprov DKI sejak akhir tahun 2014 (tahun terbentuknya UP JSC). Selain itu, bidang ini juga melakukan proses analisis data 3 in 1 dan sterilisasi busway untuk membantu Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta dalam mengambil keputusan.
Bahkan, bisa memantu Badan Perencanaan Daerah Provinsi DKI Jakarta dalam mengolah data usulan Musrenbang untuk pengkategorian usulan. Kemudian melakukan analisis pemetaan daerah rawan banjir dan status rumah pompa dalam rangka membantu Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta.
"Untuk aduan masyarakat via aplikasi Qlue, JSC mendorong agar tindak lanjutnya dapat diselesaikan secara cepat dan tepat sasaran," tandasnya.
Berdasarkan data yang berhasil diolah, semua laporan via Qlue yang menjadi tupoksi kelurahan sejak bulan Maret dapat diselesaikan kurang dari tiga hari.
JSC juga terus melakukan sosialisasi seperti melalui media sosial terverifikasi, saat ini akun Twitter @JSCLounge telah memiliki 13.700 follower dan hampir 20.000 fans di Facebook.