Rabu, 28 Mei 2025 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 432
(Foto: Tiyo Surya Sakti)
Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan meraih penghargaan predikat Pelayanan Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI. Selain itu, penghargaan predikat Zona Hijau juga didapat dari Ombudsman RI.
"Pelayanan publik yang berkualitas"
Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Muhammad Nurrahman mengaku sangat merasa syukur dan bangga dengan raihan dua penghargaan tersebut.
"Semua penghargaan yang kita dapat merupakan hasil penilaian sepanjang tahun 2024 lalu," ujarnya, Rabu (28/5).
Nurrahman menjelaskan, penganugerahan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman merupakan bentuk penghargaan atas upaya penyelenggara pelayanan publik yang telah memenuhi standar dan mencegah maladministrasi.
Ombudsman RI, imbuhnya, melakukan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik sebagai bentuk pengawasan untuk memastikan terlaksana sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
"Alhamdulillah, Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan meraih Zona Hijau dengan nilai 94,57," ungkapnya.
Ia menambahkan, penghargaan dari Kementerian PANRB RI diberikan kepada Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan karena dinilai menjadi organisasi penyelenggara pelayanan publik dengan predikat Pelayanan Prima saat dilakukan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2024.
Ia menuturkan, penghargaan diberikan kepada setiap unit penyelenggara pelayanan publik di masing-masing daerah yang telah menunjukkan kinerja dan kualitas yang baik setiap tahunnya.
"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran kami, sinergitas lintas sektor, serta partisipasi aktif masyarakat yang terus mendorong kami untuk memberikan pelayanan yang cepat, transparan, dan berintegritas," ucapnya.
Nurrahman menegaskan, penghargaan yang diraih bukan akhir, melainkan sebagai pemicu semangat untuk terus memperbaiki hingga meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menjaga serta meningkatkan standar pelayanan prima yang humanis dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Ia menambahkan, Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan berkomitmen terus membangun sistem pelayanan yang akuntabel, transparan, dan adaptif terhadap teknologi, mengembangkan kompetensi sumber daya manusia agar semakin profesional, responsif, serta berintegritas tinggi.
"Kami percaya, pelayanan publik yang berkualitas
bukan hanya soal penghargaan, tapi tentang menghadirkan kemudahan, keadilan, dan kepastian bagi setiap warga," tandasnya.