Rabu, 23 April 2025 Reporter: Anita Karyati Editor: Toni Riyanto 135
(Foto: Anita Karyati)
Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Utara mengadakan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) door to door di RW 08, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja.
"Warga sangat antusias"
Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara, Yudi Hermawan mengatakan, layanan jemput bola door to door ini bertujuan mengoptimalkan pendataan pendatang baru dan non-permanen.
"Selain membuka layanan di kantor RW, kami juga langsung mendatangi rumah-rumah warga untuk memberikan pembinaan atau sosialisasi mengenai tertib Adminduk," ujarnya, Rabu (23/4).
Yudi menjelaskan, layanan Adminduk yang diberikan antara lain perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak, pencetakan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan konsultasi.
"Warga sangat antusias
memanfaatkan layanan ini. Tercatat ada 90 orang yang melakukan perekaman KTP elektronik, perubahan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akta Kelahiran dan KIA, aktivasi IKD, dan konsultasi," bebernya.Ia berharap, layanan jemput bola ini dapat memudahkan dan menyadarkan masyarakat untuk tertib Adminduk karena sangat penting kegunaannya.
"Bagi warga yang belum sempat hadir dalam pelayanan ini, bisa langsung mendatangi kantor kelurahan atau kantor Dukcapil. Kegiatan ini akan terus kami adakan sesuai dengan program 100 hari kerja Pak Gubernur," ucapnya.
Sementara itu, salah seorang warga setempat, Yudha Permana (31) mengapresiasi layanan jemput bola Adminduk karena sangat memudahkan warga.
"Saya mengganti KK baru. Prosesnya sangat cepat dan gratis, kita tidak perlu ke kantor kelurahan. Terima kasih, layanan ini sangat membantu kami," tandasnya.