Kamis, 27 Maret 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 348
(Foto: Istimewa)
Progres proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B yang membentang dari Velodrome-Manggarai sejauh 6,4 kilometer kini sudah mencapai 50,04 persen per 21 Maret 2025.
"akhir tahun 2025 pekerjaan sipil dapat selesai,"
PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro terus melakukan akselarasi pembangunan pada pekerjaan konstruksi stasiun dan jalur layang kereta, seperti pekerjaan fondasi, pier dan pemasangan girder.
Begitu juga pembangunan lima stasiun, yaitu Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai.
Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis Jakpro, Dian Takdir mengatakan, progres pembangunan sudah sesuai dengan target. Fokus pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan adalah penyelesaian konstruksi struktur bawah stasiun dan penyelesaian jalur layang kereta.
“Sejauh ini progres pembangunan masih berfokus pada pekerjaan konstruksi layang kereta dan struktur bawah stasiun, kami menargetkan di akhir tahun 2025 pekerjaan sipil dapat selesai. Saat ini pekerjaan yang sedang dikebut berada di area Stasiun Matraman dan Stasiun Pramuka BPKP,” ujar Dian, Kamis (27/3).
Selain pembangunan fisik, Jakpro juga terus berkoordinasi dengan stakeholder untuk memastikan integrasi yang optimal dengan moda transportasi lainnya.
"Kami berkomitmen untuk menghadirkan sistem transportasi yang lebih terintegrasi, nyaman dan efisien bagi warga Jakarta," kata Dian.
Dian juga merinci progres masing-masing stasiun, seperti Stasiun Rawamangun yang sudah mencapai 54,80 persen, Stasiun Pramuka BPKP 16,71 persen, Stasiun Pasar Pramuka 17,03 persen, Stasiun Matraman 15,57 persen dan Stasiun Manggarai 9,04 persen.
Adapun proyek LRT Jakarta Fase 1B dibagi menjadi dua zona pekerjaan, yakni zona 1 dari Velodrome-Underpass Pramuka dan zona 2 dari Underpass Pramuka-Manggarai. Progres yang telah dicapai di zona 1 adalah pada Stasiun Rawamangun sedang dilakukan pekerjaan arsitektur seperti pemasangan penyelesaian dinding, fasad, atap, pembangunan entrance di sisi timur dan pekerjaan MEP.
Secara keseluruhan di area Jalan Pemuda sudah diselesaikan pemasangan girder P0B-P45B sejauh 1,67 kilometer dan pada P0B- P32 (west bound) juga sudah terpasang rail dan third rail. Sedangkan pada area Jalan Pramuka saat ini juga sudah dilakukan pekerjaa
n pemasangan girder di P52B-P55B dan sedang proses penyelesaian slabdeck serta dinding parapet.Sedangkan di area zona 2 yakni Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai sedang dilakukan pekerjaan fondasi stasiun. Pekerjaan di P110B-P113B setelah underpass Pramuka telah diselesaikan pemasangan girder dan dilanjutkan ke proses slabdeck. Di area Jalan Tambak pada P147B-P157B sudah terpasang sebanyak 10 span girder dan sedang dilanjutkan untuk pekerjaan slabdeck dan dinding parapet.
“Dengan progres yang telah mencapai setengah perjalanan ini, harapannya pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dapat terus berjalan lancar dan memberikan manfaat besar untuk mobilitas warga DKI Jakarta,” tandasnya.