Senin, 04 November 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 598
(Foto: Istimewa)
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan promosi pariwisata, khususnya destinasi kepulauan seiring penghargaan ‘Best Cities To Visit in 2024’ yang diraih Kota Jakarta.
Dinas Parekraf DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Protokol Konsuler Kementerian Luar Negeri menghadirkan Spouses of Heads of Missions (SHOM) untuk mengikuti familirization trip (Famtrip) ke Pulau Macan, Kepulauan Seribu.
Kegiatan yang pesertanya mayoritas para istri duta besar negara sahabat ini merupakan bentuk kolaborasi dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang mendunia destinasi pariwisatanya.
Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, Pulau Macan merupakan salah satu destinasi unggulan di Kepulauan Seribu yang menawarkan konsep eco tourism. Ia menilai, keindahan alam yang masih asri, air laut yang jernih, serta keanekaragaman hayati laut menjadi daya tarik utama pulau ini.
“Melalui famtrip ini, Dinas Parekraf DKI Jakarta ingin memperkenalkan potensi eco tourism Pulau Macan kepada para istri duta besar negara sahabat, serta mendorong mereka untuk berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Jakarta di kancah internasional,” ujar Andhika, Senin (4/11).
Ia menyampaikan, para peserta diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas menarik selama Famtrip antara lain, penanaman mangrove dan terumbu karang sebagai bentuk dalam melestarikan ekosistem laut. Selain itu, peserta juga diajak menyelam serta menikmati keindahan alam.
“Para peserta diberikan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam Pulau Macan, seperti bersantai di pantai berpasir putih, berenang, snorkeling, dan menikmati panorama bawah laut yang menakjubkan,” katanya.
Andhika berharap, Famtrip ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pariwisata berkelanjutan dan mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata Jakarta, khususnya destinasi kepulauan.
"Kami berharap famtrip ini dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para peserta dan meningkatkan citra positif Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan. Kami juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata Jakarta yang berkelanjutan,” tandasnya.