Selasa, 30 November 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2908
(Foto: Istimewa)
Dalam rangka mempromosikan konten serta brand lokal yang berkualitas agar dapat bersaing di kancah global, diselenggarakan Sarinah Jakarta Content Week 2021 (Sarinah Jaktent). Ajang ini akan menampilkan diskusi, pemutaran film, pameran, charity auction, dan aktivitas seru lainnya terkait karya anak bangsa. Dalam acara ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) berkolaborasi dengan Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Indonesia Creative City Network (ICCN), bersama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dengan penyusun program oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair sebagai inisiator Jaktent sejak 2020. Acara berlangsung 1-12 Desember 2021 secara hybrid, dengan lokasi acara di Gedung Sarinah, Jl. MH Thamrin Jakarta.
“Sarinah telah lama menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang membanggakan di Jakarta. Tentu saja kami sangat bangga menjadi bagian dari acara ini untuk menandai sejarah kemunculan wajah baru Sarinah yang ke depannya kami yakin akan lebih mampu memajukan ekonomi kreatif di Jakarta dan Indonesia,” kata Andhika Permata, Kepala Disparekraf DKI Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.
Dengan mengusung tema “Spirit to Gather Again: Embracing Local Creative Movement”, pada Kamis 2 Desember 2021, berlangsung Media Visit, Charity Fashion Show “Dari Jakarta untuk Nggela” dan Pre-Lauch Manusia Harum (Dari Jakarta Menuju Paris Fashion Week) yang merupakan kolaborasi fesyen koleksi Kami Latu x Batin, Adraworld (fashion designer) dan HMNS (brand parfum Indonesia), dan dilanjutkan dengan Konferensi Pers oleh beragam narasumber, seperti Gianita Kadarisman (Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji), Claudia Kaiser (Wakil Presiden Frankfurt Book Fair), Fetty Kwartati (CEO & Direktur Retail PT Sarinah (Persero)), Handayani (Direktur Bisnis Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk), Erick Thohir (Menteri BUMN), Andhika Permata (Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta), Ricky Pesik (Dewan Pengawas JCCF), Fiki Satari (Ketua Umum ICCN), Leonard Theosabrata (Direktur SMESCO), Dr. Matthias Müller (Kepala Bagian Pers dan Kebudayaan Kedutaan Negara Jerman).
Penyelenggaraan kegiatan amal untuk Nggela dan dan Pre-Launch Manusia Harum dengan tajuk “Dari Jakarta untuk Nggela dan Dari Jakarta Menuju Paris Fashion Week sebagai Road to Sarinah ini merupakan implementasi dari semangat “Embracing Local Creative Movement”. Nggela adalah desa adat di Flores, NTT yang pada tahun 2018 mengalami kebakaran. Kegiatan amal yang dibalut dengan fashion show dan lelang fashion koleksi Kami Latu x Batin yang diolah dari kain tenun karya ibu-ibu di desa Nggela ini bertujuan untuk memberikan dukungan pembangunan rumah adat yang terbakar dan pengembangan ekonomi masyarakat Nggela.
Sedangkan Manusia Harum (Ambarjanma), adalah kolaborasi Adraworld dengan HMNS, merek parfum Indonesia yang terinspirasi dari situasi kebingungan yang diciptakan oleh banyaknya berita palsu yang tarafnya sampai merusak. Di dalam Manusia Harum ini, HMNS membuat revolusi dalam wewangian dengan menciptakan impossible scent dengan menghadirkan dua aroma parfum yang berbeda dalam satu kemasan yang penggunaannya pun perlu dikombinasikan dari dua aroma tersebut. Fashion kreasi Adra dan Manusia Harum akan hadir di Paris Fashion Week 2022.
“Kami berharap acara dan momen ini dipergunakan secara maksimal oleh para konten kreator lokal dan pemilik usaha kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari komunitas kami di mana wajah baru Sarinah ke depannya adalah menjadi Community Mall yang artinya bisnis Sarinah ke depan akan bergantung pada kreatifvitas dan keterlibatan komunitas. Sehingga wajah baru Sarinah nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan generasi milenial untuk belajar dan menjadi co-working space,” ujar Fetty Kwartati, CEO & Direktur Retail PT Sarinah (Persero).
“PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sangat mendukung kesempatan yang mampu memberdayakan usaha ekonomi kreatif masyarakat. Inilah acara yang tepat di mana kami bisa mendorong pertemuan-pertemuan potensial bagi para pelaku UMKM untuk dapat berjejaring secara nasional maupun internasional. Kami berharap wajah baru Sarinah ke depan akan menggerakkan komunitas-komunitas masyarakat kreatif,” ujar Handayani, Direktur Bisnis Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
“Sebagai pemrakarsa kemunculan event Jaktent, kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan banyak pihak terutama dengan PT Sarinah (Persero) dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dalam kemunculan Sarinah Jakarta Content Week 2021. Dengan kolaborasi banyak pihak, kami dari Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair berharap momen Road to Sarinah ini berhasil menjadi titik tolak perjalanan teman-teman di industri kreatif untuk menampilkan konten-konten lokal itu di tataran global,” ujar Gianita Kadarisman, Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji (YTPI).
Keseluruhan acara luring yang berlangsung dari 1-12 Desember 2021 di Sarinah ini masih merupakan bagian dari Sarinah Jaktent 2021 yang telah berlangsung secara daring pada 10-14 November 2021 yang berhasil menggelar 170 acara dan 20 ribu partisipan dari 50 negara dan masih bertambah. Acara daring tersebut masih bisa dinikmati masyarakat dengan terlebih dahulu mendaftar melalui website Jaktent.com hingga akhir Desember 2021. Selama acara luring di Sarinah, masyarakat juga bisa menikmati segmen acara The Market dan Icon yang menghadirkan kompetisi dan ajang cosplay.
Untuk mendapatkan informasi acara yang lebih lengkap, rekan-rekan media bisa mengunjungi media sosial kami, di Instagram @jaktent, facebook @jakartacontent week dan twitter @jaktent serta menghubungi narahubung kami:
1. Widya Nurul (0857 7371 6987/ widyanurulfauziah@gmail.com)
2. Addissya Paramasasti (0812 1066 1856/ admin@jaktent.com)