Jumat, 26 November 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Ani Christiyani 3477
(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta mengadakan lokakarya pembuatan hamper atau parsel tematik Natal dan Tahun Baru di Jakarta Creative Hub, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) ini diikuti oleh 32 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan atau Jakpreneur.
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Parekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan, hamper merupakan salah satu jembatan untuk bersilatuhrami tanpa bertemu fisik. Bisnis hamper menjadi subur di kala pandemi.
"Memasuki suasana Natal dan Tahun Baru ini menjadi momentum yang tepat bagi pelaku usaha untuk memaksimalkan bisnis
hamper dengan memberikan inovasi di setiap tahunnya," ujarnya, Jumat (26/11).Menurutnya, meskipun dengan kondisi terbatas karena pandemi ini, diharapkan para pelaku UMKM mampu bertahan dengan terus melakukan pengembangan usaha, desain dan ide agar memberikan daya tarik yang lebih bagi masyarakat atau konsumen.
"Dalam workshop ini kita akan bersama-sama belajar tentang mempercantik produk-produk yang kita miliki," terangnya.
Ia menambahkan, Dinas Parekraf DKI Jakarta berupaya mendukung pelaku UMKM melalu berbagai kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian berusaha dengan cara kolaboratif antara pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat.
"Lokakarya ini merupakan salah satu langkah dukungan kepada UMKM sekaligus membangkitkan industri kreatif lokal. Semoga peserta dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya sehingga turut membantu perkembangan bisnis rekan-rekan ke depan dan pastinya juga akan berdampak pada perekonomian di DKI Jakarta," tandasnya.