Dinas Kesehatan DKI Buat Inovasi Layanan Kesehatan Melalui Chatbot

Kamis, 29 April 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 1962

Dinas Kesehatan DKI Buat Inovasi Layanan Kesehatan Melalui Chatbot

(Foto: doc)

Dinas Kesehatan DKI berkolaborasi dengan Pro Sehat dan didukung oleh Botika membuka layanan chatbot WhatsApp Posko Jakarta Tanggap COVID-19 yang dapat diakses masyarakat melalui nomor 081388376955.

Beroperasi selama 24 jam setiap harinya 

Melalui layanan ini masyarakat dapat mengakses informasi skrining dan rapid test COVID-19; informasi pemeriksaan swab; info rumah sakit rujukan; manajemen pasien (khusus faskes dan tenaga kesehatan); konsultasi chat dokter (Pro Sehat); dan pertanyaan lainnya (Posko Dinas Kesehatan DKI).

Bagi Warga DKI Jakarta yang membutuhkan informasi seputar COVID-19 akan dilayani langsung oleh Tim Posko Dinas Kesehatan DKI.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, selain nomor kontak 112 dan 119, layanan nomor posko 081388376955 dan 081112112112 dapat dihubungi lewat telepon dan WhatsApp.

"Ratusan ribu pesan sudah masuk ke nomor Posko Jakarta Tanggap COVID-19 di bawah Command Center yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya sampai saat ini," ujarnya, Kamis (29/4).

Widyastuti menjelaskan, chatbot dengan fitur penapisan COVID-19 cara kerjanya dimulai dengan sistem memberikan pertanyaan umum terkait gejala. Setelah semua pertanyaan tersebut terjawab pengguna aplikasi akan mendapatkan hasil penapisan dan saran lebih lanjut.

"Warga Jakarta juga bisa mendapatkan layanan penapisan COVID-19, termasuk berkonsultasi dengan Dokter Pro Sehat secara langsung melalui live chat, fitur tersebut memungkinkan para pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus keluar rumah," terangnya.

Ia menambahkan, melalui chatbot WhatsApp, pengguna aplikasi juga dapat mengetahui lokasi rumah sakit rujukan terdekat melalui sharing location via WhatsApp.

"Layanan chatbot WhatsApp pastinya lebih memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait COVID-19, terlebih pada era teknologi seperti saat ini," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Perkembangan Data Kasus dan Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Per 27 April 2021

Perkembangan Data Kasus dan Vaksinasi COVID-19 di Jakarta per 27 April 2021

Selasa, 27 April 2021 1444

Wagub Ariza Resmikan Ruang Isolasi COVID-19 Bertekanan Negatif RSU Al-Fauzan JIH

Wagub Ariza Resmikan Ruang Isolasi COVID-19 Bertekanan Negatif RSU Al-Fauzan JIH

Selasa, 13 April 2021 2517

Ini Lima Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Tambahan di Jakarta

Ini Tambahan Lima Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta

Kamis, 04 Februari 2021 3838

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469002

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307715

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284330

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260942

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196575

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks