Selasa, 20 April 2021 Reporter: Wuri Setyaningsih Editor: Erikyanri Maulana 1492
(Foto: Wuri Setyaningsih)
Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat membuka posko pelayanan administrasi kependudukan di halaman kantor Kelurahan Keagungan, Taman Sari. Posko yang dibuka sejak Senin (19/4) ini dikhususkan untuk melayani warga terdampak kebakaran di lokasi tersebut.
Kasubag TU Sudin Dukcapil Jakarta Barat, Kuntarti mengatakan, pihaknya menyiagakan tiga petugas di posko tersebut. Pelayanan yang diberikan meliputi KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA).
"Warga yang terdampak kebakaran bisa langsung datang ke posko tanpa membawa syarat apapun, sebab data-data warga sudah ada di sistem kami," ujar Kuntarti, Selasa (20/4).
Pelayanan tersebut dibuka sejak Senin (19/4)) hingga Jumat (23/4) mendatang. Namun apabila pelayanan masih dibutuhkan maka Sudin Dukcapil Jakarta Barat akan memperpanjang pelayanan tersebut di lokasi yang sama.
Hingga Selasa (20/4) pagi, sambung Kuntarti, Posko Pelayanan Dukcapil di halaman kantor Kelurahan Keagungan telah melayani 277 layanan dengan rincian 77 KK telah dilayani dan yang telah di cetak sebanyak 16 KK. Kemudian KTP-el sebanyak 129 layanan dan tercetak 31 KTP-el. Lalu, 29 layanan KIA dan sudah tercetak sebanyak empat KIA. Terakhir akta kelahiran sebanyak 42 layanan.
Menurut data dari pihak Kelurahan warga yang terdampak kebakaran Minggu (18/4) lalu itu mencapai 397 KK atau 1.227 jiwa.
"Kami berharap warga dapat memanfaatkan layanan ini," tandasnya.