Jumat, 09 April 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2003
(Foto: Istimewa)
Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan mengadakan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) bertema Membuat Konten Promosi di sosial media. Pelatihan yang berlangsung secara virtual mulai 6-19 April 2021 ini diikuti sebanyak 30 peserta.
Kepala PPKD Jakarta Selatan, Agustinasari mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan peserta terhadap pemanfaatan teknologi digital secara khusus karena media sosial menjadi sebuah platform pemasaran produk maupun jasa yang lebih efektif dan efisien.
Menurutnya, pasar digital merupakan pasar yang sangat potensial. Banyak pelaku usaha berupaya memanfaatkan media sosial untuk mendukung usaha mereka dengan memproduksi konten-konten yang menarik guna meningkatkan daya tarik dan daya saing bagi konsumen pada usaha-usahanya dengan berbagai konten.
"Media sosial semakin diakui menjadi salah satu sarana promosi digital yang sangat efektif. Bekal kemampuan yang didapat dari pelatihan ini kami harapkan bisa menstimulasi kreativitas peserta dan memanfaatkannya untuk membuat postingan yang dapat mempengaruhi peningkatan pangsa pasar bagi pengguna media sosial," ujarnya, Jumat (9/4).
Agustina merinci, materi yang diberikan yakni, Pengantar Digital Marketing, Tool Digital Marketing, Riset Kebutuhan Pasar, Membuat Bisnis Plan, Konsep Dasar Desain, Fotografi Dasar, Membuat Logo.
Tidak hanya itu, ada juga Konsep Dasar Video Editing, Teknik Pengambilan Video, Pengenalan Tools Aplikasi, Membuat Video Intro, Custom Transition, dan Membuat Alur Video.
"Teknologi memfasilitasi manusia untuk mendapat penghasilan tambahan, kehadiran media sosial mempermudah pemasaran produk maupun jasa. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta memperoleh pengetahuan yang memadai dalam menjalankan usaha secara online dan dimanfaatkan sebagai bekal mengatur usahanya dengan harapan berpengaruh positif dan besar pada usahanya itu," tandasnya.