Senin, 14 Desember 2020 Reporter: Mustaqim Amna Editor: Erikyanri Maulana 1278
(Foto: Istimewa)
Progres pembangunan CP 201 Bundaran HI - Harmoni Fase 2A hingga 25 November 2020 telah mencapai 9,205 persen. Pekerjaan ini sesuai dengan jadwal pekerjaan yang telah direncanakan.
Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar menuturkan, pekerjaan meliputi rekayasa lalu lintas yang cukup masif karena di awal tahun depan akan dimulai penggalian dan mengerahkan mesin bor terowongan (tunnel boring machine). Selain itu halte Transjakarta juga telah selesai dikerjakan yang semula berada di median jalan kini berada di sisi kiri dan kanan jalan. Begitu juga dengan pembangunan pos polisi medan merdeka yang baru, relokasi pohon, serta pembangunan visitor center di kawasan Monas.
"Secara umum saya ingin sampaikan bahwa pembangunan MRT Jakarta fase 2A masih terus berjalan dan kita berupaya semaksimal mungkin agar jalur segmen satu, yaitu dari Bundaran HI menuju Harmoni sepanjang 2,8 kilometer dapat selesai pada Maret 2025 dan segmen dua, yaitu dari Harmoni menuju Kota sepanjang tiga kilometer dapat selesai pada Agustus 2027," ujar William dalam keterangan tertulis yang diterima Beritajakarta.id, Senin (14/12).
William juga mengungkapkan, status terbaru dari perkembangan tender CP 202 Harmoni - Mangga Besar yang mengalami dua kali kegagalan tender.
"Setelah mengalami gagal tender pertama pada 4 November 2029 dan gagal tender kedua pada 6 Juli 2020, diadakan tindak lanjut koordinasi antara Pemerintah Indonesia dan JICA yang menyepakati usulan agar dilakukan penunjukan langsung (direct contracting) untuk CP 202," ungkapnya.
Kemudian, sambung William, diadakan rapat antara pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan RI dan PT MRT Jakarta (Perseroda) dengan Pemerintah Jepang dalam hal ini Penasehat Khusus Kabinet untuk Infrastruktur Affairs yang juga mengusulkan perubahan metode pengadaan menjadi direct contracting yang menyepakati penggabungan kontrak pekerjaan antara CP 202 dan CP 205 agar target penyelesaian dan pengoperasion jalur fase 2A tetap terjaga.
Ditambahkan William, saat ini, CP 201 yang sedang berlangsung dikerjakan oleh Shimizu - Adhi Karya Joint Venture. Sedangkan pekerjaan sipil dan sistem perkeretaapian dari Bundaran HI sampai dengan Mangga Besar diputuskan akan digabungkan.
"Pilihan strategi direct contracting rencananya akan dimulai paling lambat pada Januari 2021 dan selesai pada Juni 2021 agar paket pekerjaan CP202 dan CP25 yang telah digabung tersebut dapat mulai dikerjakan pada Juli 2021. Sedangkan untuk CP 203 Mangga Besar - Kota sejauh ini tidak ada kendala dan masih dalam proses tender," tandas William.