Rabu, 13 Februari 2019 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2722
(Foto: doc)
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta terus mengencarkan promosi destinasi wisata dan kearifan lokal. Salah satunya, melalui pemanfaatan teknologi dan informasi.
Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Disparbud DKI Jakarta, Alberto Ali mengatakan, pihaknya melakukan terobosan baru untuk melakukan promosi secara visual melalui media sosial dengan membuat channel Jakarta Tourism di Youtube dengan lambang Enjoy Jakarta.
"Kami menayangkan video-video khas Jakarta, seperti kuliner hingga seni budaya Betawi," ujarnya, Rabu (13/2).
Alberto menjelaskan, pihaknya menargetkan 30 produk wisata dan kesenian Betawi dapat ditayangkan tahun ini dengan rincian 10 video permainan anak, 10 kuliner, dan 10 kesenian.
"Ini juga menjadi cara kita untuk lebih mempromosikan Jakarta kepada generasi milenial. Pemanfaatan media sosial ini akan sangat efektif, jauh lebih murah tapi punya daya jangkau ke berbagai belahan dunia," terangnya.
Alberto berharap, kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, ragam seni budaya atau kearifan lokal di Jakarta bisa terus lestari.
"Selain promosi kita juga ingin lebih mengedukasi masyarakat dengan mengeksplorasi khazanah Jakarta," tandasnya.
Pantauan beritajakarta.id, channel Jakarta Tourism telah memiliki 3.222 subscriber. Sejumlah video yang sudah ditayangkan di antaranya, Tari Kedok, Tari Belenggo, dan Tari Sipatmo atau Cokek. Kemudian, permainan Petak Umpet, Gelindingan, Tapak Gunung, dan Galasin.