Selasa, 23 Oktober 2018 Reporter: Wuri Setyaningsih Editor: F. Ekodhanto Purba 2069
(Foto: Wuri Setyaningsih)
Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Selatan menindaklanjuti sebanyak 4.170 aduan masyarakat. Aduan yang disampaikan hingga 23 Oktober 2018 tersebut disampaikan oleh masyarakat melalui aplikasi Citizen Relation Management (CRM).
"Hingga 23 Oktober 2018, kami telah menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pelanggaran lalu lintas, kemacetan, sarana prasarana lalu lintas dan parkir liar yang disampaikan melalui CRM," ujar Christianto, Kasudin Perhubungan Jaksel, Selasa (23/10).
Dijelaskan Christianto, dari 4.170 pengaduan 272 diantaranya dari Tebet, 444 Setiabudi, 106 Mampang Prapatan, 826 Pasar Minggu, 264 Kebayoran Lama, 221 Kebayoran Baru, 118 Cilandak, 573 dari Kecamatan Pancoran, 221 Jagakarsa, dan 30 laporan dari Pesanggarahan.
Dengan kata lain, CRM merupakan sejenis aplikasi yang diciptakan untuk membantu komunikasi antara pemerintah, seperti dinas dan kelurahan dengan masyarakat.
"Dengan aplikasi ini, kami bisa memberikan pelayanan serta tindaklanjut terhadap aduan dengan cepat kepada masyarakat," tandasnya.