Rabu, 01 Oktober 2014 Reporter: Hendi Kusuma Editor: Widodo Bogiarto 8508
(Foto: Hendi Kusuma)
Sekitar 800 pedagang di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Cakung, Jakarta Timur, berharap ada bantuan sarana promosi yang memadai. Sebab, selama ini hanya segelintir warga ibu kota saja yang mengetahui produk-produk unggulan mereka yang dijual di PIK.
Ketua Koperasi Perkampungan Industri Kecil (Kopik) Cakung, Ali Rosidi mengatakan, pedagang PIK membutuhkan sarana promosi yang bisa dijadikan lokasi memamerkan produk-produk kreatif unggulan mereka. Menurutnya, perajin PIK, selain
memproduksi pakaian jadi, juga mampu membuat kerajinan kulit, logam dan aneka makanan yang kualitasnya tidak kalah dari daerah lain."Hampir seluruh pedagang di sini mengeluhkan tidak adanya tempat atau gedung untuk mempromosikan produk mereka. Imbasnya hanya sedikit warga yang tahu hasi kerajinan PIK. Jadi tidak mengherankan kalau omzet pedagang makin merosot," kata Ali, Rabu (1/10).
Ali mengaku, pihaknya sudah pernah mengusulkan pembangunan sarana promosi PIK ke kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur dan Pemprov DKI Jakarta, namun hingga kini belum memperoleh respons positif.
Menurut Ali, di kawasan PIK Cakung terdapat empat sektor kerajinan, yakni industri kulit dengan produk sepatu, tas dan kaos. Selanjutnya industri garmen seperti konveksi dan industri logam dengan produk seperti sparepart. Selain itu, di PIK juga ada perajin aneka makanan.
"Banyak produk-produk industri kreatif yang dibuat tetapi belum ada wadahnya. Padahal PIK Cakung disebut-sebut menjadi tempat wisata belanja DKI Jakarta 2015," jelas Ali.
Ali menambahkan, akibat merosotnya jumlah pembeli yang datang berbelanja ke PIK, membuat banyak pedagang yang memilih menutup kiosnya. "Jumlah pedagang sudah mulai berkurang dari tahun sebelumnya lantaran kurang promosi dan tidak adanya tempat pameran," tuturnya.