Minggu, 10 Desember 2017 Reporter: Erna Martiyanti Editor: Andry 2490
(Foto: doc)
Sejak diresmikan Oktober lalu, pengunjung Mal Pelayanan Publik terus bertambah.
Semula jumlah pengunjung hanya sebanyak 300 orang per hari dan kini bertambah menjadi 600-700 orang.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) DKI Jakarta, Edy Junaedi Harahap mengatakan, saat ini ada 328 jenis layanan yang disediakan di Mal Pelayanan Publik. Baik layanan perizinan dan non perizinan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI maupun dari kementerian dan lembaga.
"Jumlah pengunjungnya semakin meningkat. Sekarang rata-rata setiap harinya bisa dikunjungi hingga 700 orang," ujarnya, Minggu (10/12).
Edy menargetkan, mulai tahun depan, jumlah pengunjung Mal Pelayanan Publik bisa bertambah hingga 1.000 orang setiap harinya. Salah satu layanan yang paling diminati warga saat ini yakni pembuatan paspor.
"Kami akan evaluasi layanan apa saja yang diminati dan akan diperluas," katanya.
Ia merinci, saat ini dari 328 jenis layanan, 296 di antaranya berasal dari Pemprov DKI Jakarta dan 32 jenis layanan lainnya berasal dari tujuh kementerian maupun lembaga yang bergabung.
Adapun jenis layanan dari Pemprov DKI Jakarta sendiri seperti layanan dari BPM dan PTSP, Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP).
Iwan Septiawan (30) salah satu pengunjung Mal Pelayanan Publik mengaku cukup terbantu dengan adanya fasilitas ini.
"Di sini tidak perlu antre lama. Tempatnya juga nyaman," tandasnya.