Sabtu, 06 Mei 2017 Reporter: Erna Martiyanti Editor: Andry 4117
(Foto: Punto Likmiardi)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Tokopedia meluncurkan Laman Kota Jakarta.
Laman ini memuat khusus produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Ibukota.
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pelatihan kepada pelaku UMKM telah dilakukan sejak lama. Namun laman yang dibuat terintegrasi dengan Jakarta Smart City ini
baru dapat diluncurkan saat ini."Pelatihan sudah lama dilakukan dan sekarang sudah siap. Ini peluncurannya saja," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (6/5).
Basuki menyampaikan, kehadiran laman ini bisa membantu pelaku UMKM untuk menyalurkan produk-produknya secara online hingga ke seluruh Indonesia.
"Melalui ini kami harap makin banyak UMKM yang dilatih untuk masuk di sini," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi mengungkapkan, saat ini baru 150 dari 1.000 UMKM di Ibukota yang masuk dalam Laman Kota Jakarta setelah melalui proses seleksi.
"Ini kan jual secara online. Makanya syaratnya juga cukup berat. Mereka harus siap dalam segi kuantitas produk, sehingga jika ada yang memesan produknya siap untuk dikirimkan," ucapnya.
Di tempat yang sama, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menambahkan, pihaknya mengajak pelaku UMKM untuk bisa berbisnis secara online.
"Dengan kerjasama ini kami optimis pertumbuhan transaksi semakin meningkat dan menguntungkan UMKM," tandasnya.