Kamis, 12 Mei 2016 Reporter: Suparni Editor: Budhi Firmansyah Surapati 5012
(Foto: Suparni)
Puskesmas Kelurahan Pulau Pangang, Kepulauan Seribu Utara, berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebagai bagian dari komitmen, puskesmas akan menyiapkan kotak saran. Nantinya, warga dapat menyampaikan keluhan atau masukan melalui kotak saran tersebut.
Kepala Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, Sri Ratna mengatakan, kotak saran akan menjadi kanal bagi masyarakat yang kurang puas, mengeluhkan ataupun mengusulkan sesuatu tentang puskesmas. Hal tersebut termasuk bila ada keluhan layanan kesehatan 24 jam puskesmas.
"Warga dapat mengisi kotak saran agar kami dapat berbenah dan mengevaluasi pelayanan Puskesmas yang kurang memuaskan. Termasuk layanan malam hari, namun memang hingga kini tidak ada masukan saran," ujarnya, Kamis (12/4).
Dikatakan Sri, khusus layanan malam hari pihaknya menyiagakan satu perawat, satu bidan dan satu dokter. khusus dokter hanya sampai pukul 23.00. Namun jika terjadi darurat dokter dapat dipanggil cepat karena rumah dinas berada tidak jauh dari puskesmas setempat.
"Layanan prima terus kita lakukan, begitu juga malam hari. Tidak boleh perawat menolak pasien sebelum diobservasi oleh dokter," terangnya.
Ditambahkannya, khusus dokter di Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, pihaknya menyiapkan empat
dokter. Dalam berutgas, para dokter akan diroling setiap satu minggu sekali.