Senin, 25 Januari 2016 Reporter: TP Moan Simanjuntak Editor: Nani Suherni 12282
(Foto: TP Moan Simanjuntak)
Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara membuka layanan via call center. Ini untuk memudahkan pendaftaran pasien yang akan berobat.
Kepala Puskesmas K
ecamatan Penjaringan, Florida Masniari Sitinjak mengatakan, inovasi tersebut sudah dilakukan sejak Oktober tahun lalu. Untuk mendaftar, warga cukup menelpon call center di nomor 087780858571.Nantinya, petugas akan mencatat nama pasien, alamat tempat tinggal dan poli yang dituju. Kemudian pasien langsung diberikan nomor urut antrean.
"Pasien tinggal datang minimal setengah jam sesuai nomor antrean yang diberikan petugas call center. Kami buat ini demi meminimalisir antrean pasien. Selain itu, juga demi percepatan layanan kesehatan pada pasien," ujar Florida, Senin (25/1).
Menurut Florida, sosialisasi yang dilakukan dengan gencar sejak diluncurkan, membuat peningkatan pasien yang daftar melalui call center cukup signifikan. Puskesmas Kecamatan Penjaringan sendiri, rata-rata per hari melayani sekitar 500 pasien.
"Respon masyarakat yang mendaftar via call center sangat banyak. Dan, dengan banyaknya pasien yang berkunjung ke puskesmas dengan call center, dapat meminimalisir antrean di puskesmas," tandasnya.
Rencananya, pihaknya juga akan membuat sistem layanan online yang akan diluncurkan pada bulan Februari mendatang.