Urus Perizinan di PTSP, Banyak Warga Pilih Jasa Calo

Selasa, 05 Januari 2016 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Widodo Bogiarto 7312

kepala bptsp edi junaedy

(Foto: doc)

Sejak didirikan pada 5 Januari hingga Desember 2015, Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta sudah melayani lebih dari 4.138.021 pemohon untuk 518 jenis perizinan. Layanan tersebut dapat dimanfaatkan warga melalui 318 service point yang dibuka hingga tingkat kelurahan.

Setahun kita evaluasi dan lakukan survei internal, PTSP belum tersosialisasi dengan maksimal

Namun dalam perjalanan selama satu tahun, BPTSP masih miliki kendala. Diantaranya sosialisasi yang minim sehingga belum banyak masyarakat mengetahui dan mengakses secara langsung. Alhasil, kondisi tersebut menyebabkan banyak pemohon yang menggunakan pihak ketiga (calo) untuk mengurus perizinan.

Kepala BPTSP DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, dari hasil survei internal yang dilakukan pihaknya, kebanyakan pemohon yang mengakses layanan masih menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengurusan dokumen. Hal itu disebabkan minimnya masyarakat yang tersosialisasi layanan PTSP.

"Setahun kita evaluasi dan lakukan survei internal, PTSP belum tersosialisasi dengan maksimal. Akibatnya banyak masyarakat yang mengurus izin melalui pihak ketiga," kata Edy, Selasa (5/1).

Menurut hasil survei yang dilakukan pihaknya, pelayanan di tingkat provinsi, sekitar 80 persen pemohon mengurus perizinan melalui pihak ketiga. Untuk tingkat kota 70 persen, kecamatan dan kelurahan masing-masing 50 pemohon mengunakan jasa pihak ketiga dalam mengurus perizinannya.

"Sebagai solusi kita akan terapkan program Ajib (antar jemput izin bermotor). Petugas Ajib kita nantinya akan melakukan jemput bola, sebab seperti pesan Pak Gubernur, PTSP harus berperan sebagai calo," tegas Edy.

Namun demikian, untuk jumlah keluhan, dikatakan Edy, semakin menurun. Dari bulan Juli sebanyak 231 pengaduan terus menurun hingga Desember lalu mencapai 42 keluhan.

"Kita akan terus meningkatkan pelayanan hingga target kita zero delay, zero complaint dan service excellence tercapai," tandas Edy.

BERITA TERKAIT
Pasca Libur Tahun Baru, Aktivitas PTSP Jakpus Belum Normal

Aktivitas PTSP Jakpus Masih Sepi

Senin, 04 Januari 2016 4600

Jadi Calo Rusun, 5 Staff Kelurahan Dipecat

Jadi Calo Rusun, 5 Staf Kelurahan Dipecat

Selasa, 03 November 2015 4378

Setahun, PTSP Jakarta Pusat Terbitkan 200.336 Perizinan

PTSP Jakpus Terbitkan 200.336 Perizinan

Senin, 04 Januari 2016 7446

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469042

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307841

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284365

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260986

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196610

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks