Selasa, 01 Desember 2015 Reporter: Jhon Syah Putra Kaban Editor: Rio Sandiputra 3273
(Foto: Istimewa)
Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Sekertaris Kelurahan (Sekkel) harus secara tepat melakukan verifikasi tata kelola anggaran dan keuangan. Sehingga tata keuangan di kecamatan dan kelurahan bisa lebih tertib dan tepat.
"Sekcam dan Sekkel selaku penata usaha keuangan medan verifikator harus melakukan verifikasi atas bukti pengeluaran dan memantau bendahara dalam melakukan pembayaran. Agar sesuai dengan ketentuan pembukuan yang tertib, SPJ yang sah, lengkap, sehingga akuntabilitas kelola keuangan dapat terjamin," ujar Zaenal, Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Selasa (1/12).
Zaenal sendiri telah melakukan pemeriksaan tata keuangan semua kecamatan dan kelurahan yang ada di Jakarta Pusat. "Setelah dicek memang pada dasarnya tata kelola anggarannya sudah baik. Namun perlu beberapa pembinaan seperti pembukuan yang tepat, dokumen pertanggung jawaban yang terlambat dan penatausahaan yang belum tertib," katanya.
Selain itu, pihaknya sebagai pengendali kegiatan dan anggaran akan terus melakukan pembinaan anggaran agar seluruhnya dapat selesai tepat waktu dan benar serta tidak bermasalah. "Itu rutin disampaikan pada camat dan lurah setiap rapat koordinasi pimpinan tingkat kota," tandasnya.