Layanan Jemput Bola Adminduk di RW 11 Cipinang Besar Utara Diminati Warga

Sabtu, 05 Juli 2025 Reporter: Anita Karyati Editor: Toni Riyanto 2180

Layanan Jemput Bola Adminduk di RW 11 Cipinang Besar Utara Disambut Antusias Warga

(Foto: Istimewa)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur memberikan layanan jemput bola Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Sekretariat RW 11, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara. Layanan ini disambut antusias warga.

"Sangat membantu"

Ketua RW 11, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Joni Omo Talan sangat mengapresiasi layanan jemput bola yang diadakan saat akhir pekan.

"Layanan ini sangat membantu dan memudahkan karena banyak warga yang memiliki kesibukan di hari kerja. Apalagi, layanan ini diadakan di lingkungan permukiman warga," ujarnya, Sabtu (5/7).

Joni menuturkan, Adminduk sangat penting karena berkaitan dengan hal-hal lain. Termasuk, untuk memperoleh bantuan sosial dari pemerintah.

"Alhamdulillah, kesadaran warga kami untuk tertib Adminduk sangat tinggi. Saya juga bersama pengurus RT selalu melakukan monitoring agar warga, termasuk pendatang baru di sini tertib Adminduk," terangnya.

Ia menyampaikan, warga juga terus diajak untuk memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD). Sehingga, bisa semakin memudahkan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan data Adminduk.

"Semua orang saat ini sudah punya smartphone. Kalau ada IKD di telepon genggam yang selalu kita bawa itu akan bisa sangat membantu," ungkapnya.

Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Jatinegara, Abdul Khaer menjelaskan, layanan jemput bola hari ini menyasar warga di RW 10, 11, 12, 13, dan RW 14 Kelurahan Cipinang Besar Utara.

"Untuk layanan yang diberikan meliputi perekaman KTP elektronik, aktivasi IKD hingga pembaruan Kartu Keluarga dengan barcode," bebernya.

Ia merinci, dalam layanan jemput bola tersebut ada enam warga melakukan perekaman KTP elektronik, dua pembaruan Kartu Keluarga, dan 78 aktivasi IKD.

"Tadi kami juga melayani sebanyak 15 warga yang memerlukan layanan konsultasi," jelasnya.

Menurutnya, aktivasi IKD terus digencarkan untuk mendukung suksesnya Jakarta Global City. Upaya ini menjadi cara agar warga Jakarta menjadi bagian dari era digital

"KTP dari era konvensional fisik saat ini semakin mudah dengan adanya KTP digital yang bisa diakses melalui telepon genggam," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam layanan yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB tersebut dikerahkan sebanyak 10 petugas dibantu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Krisnadwipayana (Unkris).

"Kami sangat terbantu sekali dengan kehadiran mahasiswa Unkris yang sedang melaksanakan tugas pengabdian masyarakat. Saya minta mereka juga bisa menjadi duta tertib Adminduk karena sudah kita ajarkan cara aktivasi IKD," imbuhnya.

Ketua Kelompok KKN Mahasiswa Universitas Krisnadwipayana di Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur, Mardina Lestari mengaku sangat senang bisa terlibat langsung dalam layanan jemput bola Adminduk.

"Saya bersama rekan-rekan saya, Sulthan Syariif Abdul Jabbar, Ikram Dicky Putra, Agustiyar, dan Khoirul Richard Setiawan melakukan KKN dengan mata kuliah yang harus yang harus dilaksanakan. Kami sangat senang karena bisa melaksanakan tugas pengabdian masyarakat untuk mengajak warga tertib Adminduk," ucapnya.

Dalam layanan itu, imbuh Dina, mahasiswa KKN Unkris juga memberikan apresiasi kepada warga yang datang mengurus maupun konsultasi Adminduk dengan memberikan map zipper dan pulpen.

"Map zipper ini dapat digunakan sebagai wadah untuk menyimpan fisik Adminduk agar tidak mudah rusak, terutama karena terkena air. Kami juga berikan pulpen karena memang biasa banyak digunakan," kata Dina.

Sementara itu, Seksi Lapangan KKN Mahasiswa Unkris, Sulthan Syariif Abdul Jabbar menilai tertib Adminduk sangat penting. Apalagi, dengan memanfaatkan aplikasi IKD.

"Bagi generasi muda sudah sangat familiar dengan telepon genggam. Adanya IKD ini sangat memudahkan karena Adminduk bisa diakses melalui telepon genggam. Ayo aktivasi IKD, caranya juga mudah dan cepat," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Dukcapil Jakpus Sudah Adakan Layanan Jemput Bola di 32 RW

Dukcapil Jakpus Sudah Adakan Layanan Jemput Bola di 32 RW

Kamis, 03 Juli 2025 174

95 Pelajar SMKN 23 Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk di Sekolah

95 Pelajar SMKN 23 Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk di Sekolah

Kamis, 22 Mei 2025 653

Penataan Adminduk Tahap Awal, Dinas Dukcapil Verifikasi 38.000 NIK Warga

Penataan Adminduk Tahap Awal, Dinas Dukcapil Verifikasi 38.000 NIK

Selasa, 06 Mei 2025 575

 313 Penyintas Kebakaran di Kapuk Muara Sudah Terlayani Pengurusan Adminduk

313 Penyintas Kebakaran di Kapuk Muara Sudah Terlayani Pengurusan Adminduk

Jumat, 13 Juni 2025 331

16.530 Warga di Jakpus Ditetapkan Terima Bansos

16.530 Warga di Jakpus Ditetapkan Terima Bansos

Jumat, 23 Mei 2025 489

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469368

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 308914

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284634

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 261299

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196868

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks