Rabu, 16 April 2025 Reporter: Anita Karyati Editor: Toni Riyanto 228
(Foto: Anita Karyati)
Sebanyak 70 warga di RW 07, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara manfaatkan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) yang diadakan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) setempat.
"Kami minta warga agar selalu tertib Adminduk"
Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara, Yudi Hermawan mengatakan, layanan jemput bola Adminduk ini rutin digelar dua pekan sekali di lokasi berbeda. Layanan ini bertujuan memudahkan warga dan mempercepat layanan Adminduk.
"Selain melayani Adminduk, kami juga melakukan sosialisasi terkait verifikasi program quick wins atau pemutakhiran data warga," ujarnya, Rabu (16/4).
Yudi merinci, pemanfaat layanan terdiri dari empat orang melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), 10 orang cetak KTP-el, delapan orang perbaruan Kartu Keluarga (KK), tiga orang pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), delapan orang pembuatan Akta Kelahiran dan Akta Kematian, serta dua orang perubahan mutasi tempat tinggal.
"Dalam layanan itu juga ada 20 orang yang melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital dan konsultasi Adminduk sebanyak 30 orang," terangnya.
Menurutnya, dalam layanan tersebut dikerahkan 10 personel untuk membantu mengurus berkas Adminduk warga.
"Melalui layanan jemput bola ini diharapkan capaian Adminduk di Jakarta Utara dapat melebihi 100 persen.
Ia menambahkan, selain layanan jemput bola, kami juga ada program Rabu Petang yang dibuka hingga malam hari.
"Kami minta warga agar selalu tertib Adminduk
karena sangat penting dan memiliki berbagai manfaat," bebernya.Sementara itu, Lurah Tugu Selatan, Yuyun Yuniarti mengapresiasi layanan jemput bola yang diadakan Sudin Dukcapil Jakarta Utara.
"Layanan jemput bola seperti ini sangat membantu sekali, warga tidak perlu repot-repot datang ke kelurahan atau kantor Dukcapil. Apalagi, layanan ini gratis," tandasnya.