Bank DKI Lakukan Pemeliharaan Sistem, Ini Kata Stafsus Gubernur

Senin, 07 April 2025 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 630

Bank DKI Lakukan Pemeliharaan Sistem, Ini Kata Stafsus Gubernur

(Foto: doc)

Pemeliharaan sistem yang dilakukan Bank DKI saat ini, mendapatkan atensi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik, Cyril Raoul Hakim.

" Diharapkan ini segera bisa normal kembali dalam waktu dekat,"

Pria yang akrab disapa Chico Hakim ini mengatakan, langkah pemeliharaan sistem merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan nasabah.

"Memang sekarang ini yang tidak bisa layanan transfer antar bank dari Bank DKI, ATM nggak ada masalah, semua jalan kecuali transfer antar bank dan QRIS. Justru ini bentuk kehati-hatian untuk menjaga keamanan dana nasabah," ungkapnya, Senin (7/4).

Chico menyatakan, pihaknya terus memantau situasi dan berkoordinasi secara intensif dengan pihak Bank DKI.

Ia juga menyampaikan bahwa Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dan Wakil Gubernur Rano Karno, telah memberi perhatian khusus pada persoalan ini. Ia berharap masalah operasional JakOne Mobile bisa segera rampung.

“Gubernur dan Wakil Gubernur  terus memantau dan menjalin komunikasi dengan pihak Bank DKI. Diharapkan ini segera bisa normal kembali dalam waktu dekat," kata Chico.

Menanggapi isu dugaan serangan siber yang beredar, Chico menjelaskan belum ada informasi resmi yang mengarah ke arah itu hingga saat ini. Ia pun tidak mau menduga-duga perihal indikasi serangan siber terhadap Bank DKI.

“Kami dari pihak Gubernur dan Wakil Gubernur terus berkomunikasi dengan pihak Bank DKI. Kami belum menerima informasi perihal dugaan serangan siber,” tukasnya.

Sebelumnya, Bank DKI melakukan pemeliharaan sistem e-channel sebagai bagian dari upaya preventif dalam memperkuat sistem keamanan transaksi dan meningkatkan keandalan infrastruktur layanan digital, termasuk jaringan ATM dan kanal elektronik lainnya.

Manajemen Bank DKI memastikan dana dan data nasabah tetap aman selama periode pemeliharaan berlangsung.

Selain itu, Bank DKI berkomitmen untuk memastikan setiap permasalahan yang dihadapi nasabah sebagai akibat dari aktivitas pemeliharaan sistem ini akan diselesaikan sebaik-baiknya.

Manajemen Bank DKI juga  memahami adanya ketidaknyamanan yang terjadi. Karena itu, mereka membuka ruang seluas-luasnya bagi nasabah yang sebelumnya mengalami kendala transaksi untuk dapat menghubungi Call Center Bank DKI di 1500-351.

Nasabah juga dapat mengunjungi kantor cabang Bank DKI terdekat, atau menyampaikan pengaduan melalui kolom pesan langsung (Direct Message/DM) pada kanal media sosial resmi Bank DKI.

Bank DKI turut mengimbau seluruh nasabah Bank DKI untuk tetap waspada terhadap berbagai modus penipuan digital dan mengutamakan penggunaan kanal resmi dalam memperoleh informasi.

Sebagai bentuk layanan Bank DKI terhadap kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan, Bank DKI menerapkan operasional layanan terbatas pada momen cuti bersama dan libur nasional, pada tanggal 31 Maret 2025, 1-5 April 2025, dan 7 April 2025 pada lokasi Kantor Cabang yang telah ditentukan berikut dengan jam operasionalnya.

Adapun layanan terbatas yang dapat dilakukan, diantaranya mencakup pembukaan rekening, tarik/setor tunai, pemindahbukuan antar rekening Bank DKI, dan penanganan pengaduan nasabah.

Terdapat total 750 unit ATM yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, yang beroperasi dan tersebar di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk di Kantor Lurah dan Camat, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, dan lokasi-lokasi publik lainnya.

Selain itu, seiring perluasan jaringan layanan kantor pada beberapa wilayah kota besar lainnya, Bank DKI juga memiliki jaringan ATM yang berada di beberapa kota besar di luar Jakarta, diantaranya Bandung, Semarang Solo, Gresik, Sidoarjo, hingga Lampung.

BERITA TERKAIT
Bank DKI Terapkan Operasional Layanan Terbatas Selama Libur Lebaran

Bank DKI Terapkan Operasional Layanan Terbatas Selama Libur Lebaran

Kamis, 03 April 2025 704

Dishub Pastikan Kelancaran Pelaksanaan Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025

Dishub Pastikan Kelancaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025

Minggu, 30 Maret 2025 656

Bank DKI Terus Perkuat Ekosistem Digital dan Pemberdayaan UMKM Selama Ramadan

Bank DKI Terus Perkuat Ekosistem Digital dan Pemberdayaan UMKM

Senin, 17 Maret 2025 475

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469050

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307877

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284371

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260995

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196619

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks