Kamis, 16 Januari 2025 Reporter: Dessy Suciati Editor: Toni Riyanto 516
(Foto: Nugroho Sejati)
Legislator Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta, Inad Luciawati mendukung komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas layanan masyarakat.
Inad mengatakan, untuk melihat progres atas kepuasan layanan masyakarat tersebut juga sangat penting dilakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di berbagai kantor pelayanan publik.
"Mereka harus mengevaluasi yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Apakah sudah mencapai target yang selama ini mereka targetkan atau belum? Jadi kalau memang belum ya itu harus ditingkatkan lagi," ujarnya, Kamis (16/1).
Ia juga mendorong ASN untuk lebih inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Secara mandiri, ASN harus terus melakukan evaluasi terhadap kinerjanya dan mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
"Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. ASN harus proaktif dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. Inovasi sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan ter
baik yang lebih cepat, mudah, dan efisien," terangnya.Inad menginginkan agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat didengarkan dan ditindaklanjuti dengan baik. Sebab, hal itu akan menunjukan kehadiran pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat.
"Mereka itu adalah orang-orang yang harus kita tampung dan perjuangkan aspirasi maupun kebutuhannya. Beri kebijakan yang solutif," tandasnya.
Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Pusat, Arifin mengingatkan jajaran ASN di Kecamatan Menteng dapat lebih meningkatkan performa layanan kepada warga.
Menurutnya, ASN harus selalu mawas dan sadar diri bahwa mereka hadir untuk melayani, bukan dilayani masyarakat.