Tingkatkan Pelayanan, Kelurahan Cawang Sosialisasikan Aplikasi Sispro PPSU

Jumat, 01 November 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 779

Kelurahan Cawang Sosialisasikan Aplikasi Sispro PPSU

(Foto: Istimewa)

Kelurahan Cawang mengadakan sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Proaktif PPSU atau Sispro PPSU untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dalam bidang infrastruktur fisik.

"Aplikasi ini dapat membantu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,"

Kegiatan dihadiri Lurah Cawang, Didik Diarjo; Sekretaris Kelurahan, Kusaedi; dan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Edwin Rinaldo, yang juga bertindak sebagai project leader. Sebanyak 88 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cawang mengikuti sosialisasi tersebut.

Kasi Ekbang Kelurahan Cawang, Edwin Rinaldo mengatakan, aplikasi berbasis geotagging ini dibuat untuk memperbaiki kualitas pelayanan PPSU dalam menanggapi laporan langsung dari masyarakat.

Ia menyampaikan, meskipun Kelurahan Cawang memperoleh kriteria A dalam penanganan laporan melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dengan waktu penyelesaian kurang dari enam jam, namun hasil Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan PPSU hanya meraih skor 82. Hal ini dikarenakan penanganan laporan langsung yang tidak melalui JAKI masih membutuhkan waktu lebih lama.

“Kelurahan merasa perlu membina anggota PPSU agar mereka lebih proaktif dalam menangani masalah infrastruktur fisik dan tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat. Dengan aplikasi Sispro PPSU, diharapkan mindset mereka bisa berubah menjadi lebih responsif dan efektif,” ujar Edwin, Jumat (1/11).

Ia menjelaskan, aplikasi Sispro PPSU dilengkapi fitur proaktif untuk memonitor masalah di lapangan. Koordinator PPSU dapat langsung mencari kendala yang perlu penanganan segera tanpa menunggu laporan dari masyarakat. Fitur dalam aplikasi ini juga memantau waktu penyelesaian.

“Bila masalah dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari enam jam, aplikasi akan menampilkan emotikon bahagia (happy) sebagai indikator kepuasan. Sebaliknya, jika lebih dari enam jam, akan muncul emotikon sedih (sad) sebagai pengingat untuk mempercepat penanganan,” katanya.

Edwin berharap aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh kelurahan di Kecamatan Kramat Jati dalam jangka panjang.

“Aplikasi ini dapat membantu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat di bidang infrastruktur fisik, khususnya dalam penanganan kebersihan taman, jalan, dan saluran,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

Senin, 14 Oktober 2024 2951

UP PKJ TIM Luncurkan Platform e-Katalog Seni

UP PKJ TIM Luncurkan Platform e-Katalog Seni

Jumat, 04 Oktober 2024 1024

Pj Gubernur Teguh, Paparan Inovasi, Perizinan, Kesehatan, IGA 2024

Pj Gubernur Teguh Paparkan Inovasi Perizinan dan Kesehatan di Innovative Government Award 2024

Senin, 28 Oktober 2024 806

Kelurahan Cawang Juara 1 Jakarta Innovation Days

Genset Genso Kelurahan Cawang Raih Juara Pertama JID Expo 2024

Selasa, 01 Oktober 2024 1181

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469063

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307922

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284378

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 261012

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196624

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks