Minggu, 29 September 2024 Reporter: Anita Karyati Editor: Budhy Tristanto 1244
(Foto: Anita Karyati)
Pelaku usaha yang tergabung dalam Jakarta Enterpreneur ikut berpartisipasi dalam pameran dagang Premiere Classe di Carrousel Du Louvre, Paris, Perancis, 28 hingga 30 September.
Pelaku usaha ini ikut bergabung dalam stan 'Talent Indonesia' yang diinisiasi Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar Indonesia di Paris, serta berkolaborasi dengan L’Adresse Paris Agency.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, pameran dagang Premiere Classe adalah tempat yang tepat untuk mencari aksesori siap pakai dan fashion selama Paris Fashion Week berlangsung.
"Pada stan Talent Indonesia ada 10 merek busana siap pakai, aksesori, dan perhiasan. Salah satunya binaan Jakarta Entrepreneur, yaitu Aida Lavani, Party dan Varyan," ujar Ratu, Minggu (29/9).
Menurut Ratu, untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini mereka harus mengikuti pelatihan dan persiapan selama enam bulan.
Selain ikut dalam pameran dagang di Paris, mereka juga akan kunjungan industri dan jaringan bagi para desainer untuk bertukar pengetahuan dengan Institut Français de la Mode dan pusat perbelanjaan Printemps di Paris.
"Terakhir, para desainer akan menampilkan koleksi mereka pada peragaan busana Fete De L’archipel yang diikuti resepsi diplomatik di Kedutaan Besar Republik Indonesia pada 3 Oktober 2024," jelasnya.
Ia menambahkan, event besar yang sudah berjalan 30 tahun ini, selalu menghadirkan trend aksesoris musim mendatang dan desainer muda dengan koleksi kelas atasnya. Diantaranya menghadirkan para desainer perhiasan, sepatu, barang dari kulit, aksesori tekstil, dan aksesori lain yang dipilih khusus karena kreativitas, orisinalitas, dan gayanya.
Diharapkan, dengan hadirnya perwakilan pelaku usaha Jakarta Entrepreneur dapat mempromosikan dan melakukan penjualan produk di seluruh dunia. Serta bisa meningkatkan peluang ekspor dari sektor produk pelaku usaha.
"Semoga ini dapat menjadi inspirasi UKM lain untuk lebih berkembang. Serta ini salah satu bentuk langkah nyata Jakarta menuju Kota Global yang kompetitif dan sekaligus
mengenalkan lebih jauh fashion Indonesia ke dunia internasional,” tandasnya.