Sabtu, 27 Juli 2024 Reporter: Anita Karyati Editor: Budhy Tristanto 973
(Foto: Anita Karyati)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mendapatkan kesempatan menjadi host city pada Tourism Promotion Organization (TPO) 2024 Meeting For Indonesian Members di St. Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7) kemarin.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andhika Permata mengatakan, TPO for Global Cities merupakan organisasi pariwisata internasional untuk membangun jaringan kerja sama antar kota dan pengembangan pariwisata secara global.
Menurutnya, di Indonesia terdapat 20 kota yang telah menjadi anggota TPO for Global Cities, kota-kota tersebut di antaranya Ambon, Batu, Baubau, Bitung, Bogor, Jailolo, Jakarta, Langgur, Maumere, Nias, North Sumatra, Padang, Pariaman, Samosir, Sedang, Bedagai, Surabaya, Taliabu, Tambrauw, dan Yogyakarta.
“Sebagai anggota TPO, kita dapat memperkuat positioning city branding Jakarta sebagai bagian dari Kota Global, bersama dengan 124 kota dari 15 negara di dunia. Dengan mengedepankan bahwa pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian suatu kota.” ujar Andhika, Sabtu (27/7).
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Helma Dahlia, menjelaskan agenda TPO Regional Meeting 2024 for Indonesian Members dibuka dengan case presentation dari Kota Jakarta dan Yogyakarta dengan tema “Paving the Way to Becoming a Global City”, Promotion of TPO Member’s Priority Projects.
Kemudian, pengumuman kota Batu menjadi host city pada TPO Regional Meeting 2025 for Indonesian Members.
"Kegiatan ditutup dengan familiarizations trip ke beberapa tempat wisata di Jakarta sebagai bagian dari
hospitality kepada para peserta kegiatan," ungkapnya.Ia menambahkan, TPO Regional Meeting ini mendukung rencana strategis yang bertujuan untuk memperkuat status Jakarta sebagai kota global terkemuka, dengan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pertumbuhan ekonomi regional.
"Sebagai anggota TPO, kota Jakarta merasakan banyak manfaat diantaranya sebagai forum interaksi dan networking antara anggota terutama dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif dari masing-masing kota” imbuhnya.
Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Sherly Yuliana menambahkan, dalam pertemuan ini pihaknya turut mempromosikan “Jakarta Nice for MICE” sebagai promosi Jakarta kota bisnis.
"Kami berharap sektor MICE dapat diperhitungkan sebagai masukan agenda TPO Promotion Forum di Sanya, China”, tandasnya.