Selasa, 16 April 2024 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 4344
(Foto: Tiyo Surya Sakti)
Jajaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan terus memastikan pelayanan optimal kepada masyarakat baik saat libur cuti bersama Lebaran maupun sesudahnya.
Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda mengatakan, sebanyak 225 personel disiagakan 24 jam dengan mekanisme kerja sistem sif.
"Prinsipnya kami, baik ASN maupun PJLP selalu Siaga Satu
untuk memberikan pelayanan maksimal terkait Gulkarmat kepada warga, khususnya di Jakarta Selatan," ujarnya, Selasa (16/4)Huda menambahkan, mengenai libur masa Lebaran atau cuti bersama, diberlakukan sistem piket dengan skema bergantian jaga. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kekosongan di setiap pos-pos Gulkarmat di 10 wilayah kecamatan se-Jakarta Selatan.
"Kita harus selalu waspada, siaga, dan melakukan respons cepat. Tidak boleh sampai lengah atau terlena dengan situasi yang ada," terangnya.
Sementara itu, Perwira Piket Ssu Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Ruwanto menambahkan, selama masa libur cuti bersama Lebaran, selain melakukan penanganan kebakaran juga dilakukan penyelamatan seperti, evakuasi hewan liar, mobil terperosok hingga pelepasan cincin dari jari warga.
"Kami juga melakukan bersih-bersih lingkungan maupun jalur protokol. Kemarin, kami melakukan penyemprotan jalan dan trotoar di Jalan RA Kartini, Kebayoran Lama dengan mengerahkan empat personel serta satu unit mobil pemadam," ungkapnya.
Ia merinci, untuk kejadian kebakaran di Jakarta Selatan terjadi di dua lokasi, yakni pada Selasa (9/4) atau malam takbiran di Jalan Langgar, Menteng Dalam, Tebet, serta Kamis (11/4) atau H+1 Lebaran di Jalan H Kuno, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama.
"Semua kejadian atau laporan warga terkait kebutuhan Gulkarmat kita respons dan tangani secepatnya," tandasnya.