Senin, 08 Mei 2023 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 1074
(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)
Sebanyak 122 pengelola PO Bus yang beroperasi di Terminal Kampung Rambutan, mulai Senin (8/5) hingga Kamis (11/5) tulat, ikut pelatihan sistem organisasi dan penjualan tiket secara online yang diadakan Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI.
Kepala Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan mengatakan, pelatihan ini diberikan terkait rencana dioperasikannya loket layanan online di Terminal Kampung Rambutan pada Oktober mendatang.
"Peserta pelatihan diberikan materi tentang cara penjualan tiket secara online. Agar mereka tidak canggung saat diberlakukan sistem penjualan tiket secara online," katanya, Senin (8/5).
Untuk mendukung sistem penjualan tiket online ini, ungkap Mirwan, pihaknya akan mempersiapkan10 mesin layanan tiket mandiri atau self service di terminal. Sehingga, calon penumpang tidak perlu lagi mengantri di loket penjualan konvensional.
Mirwan menambahkan, dengan sistem tiket online ini calon penumpang juga dapat mengetahui jadwal pemberangkatan maupun tiba, seperti tiket pada pesawat atau kereta api.
Untuk sistem pembayara online, jelas Mirwan, pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa perbankan untuk memfasilitasinya.
"Untuk mendukung penjualan online kami siapkan 32 komputer. Setiap komputer dioperasikan satu orang untuk melayani empat sampai lima PO Bus," tandasnya.