Senin, 26 Desember 2022 Reporter: Anita Karyati Editor: Budhy Tristanto 1656
(Foto: Anita Karyati)
Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi memberikan bantuan bagi penyintas kebakaran di RT 12/RW 02 dan RT 12/03, Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.
Adi mengatakan, bantuan sudah diberikan sejak pascaterjadi kebakaran pada Minggu (25/12). Adapun bantuan yang diberikan kemarin meliputi makanan siap saji.
"Sejak semalam saya sudah ke sini dan hari ini saya memberikan bantuan yang juga menjadi aspirasi warga yakni perlengkapan mandi terdiri dari, handuk pasta gigi, sabun hingga sampo. Kemudian, sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak juga diberikan bantuan pemenuhan gizi seperti 1.200 pcs
susu UHT dan makanan," ujarnya, usai menyerahkan bantuan Senin (26/12).Adi berharap, melalui bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban penyintas kebakaran dalam pemenuhan kebutuhan dasar.
"Saya mengapresiasi jajaran Pemprov DKI yang juga sudah bergerak cepat membatu warga. Bahkan, tadi pagi juga sudah langsung dilakukan pembersihan puing sisa kebakaran," terangnya.
Tidak kalah penting, lanjut Adi, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga sudah menunjukan komitmen membantu pencetakan ulang adminduk warga yang terbakar atau hilang saat terjadi kebakaran.
"Hari ini juga kita serahkan secara simbolis adminduk warga mulai dari Kartu Keluarga, Akta Kelahiran hingga Kartu Identitas Anak," bebernya.
Warga penyintas kebakaran di RT 12/02, Jayadi menyampaikan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan.
"Alhamdulillah, Pak Adi sudah bergerak cepat membantu kami. Bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat. Menjadi kebahagiaan tersendiri, anak-anak saya juga tersenyum bahagia dengan adanya bantuan khusus untuk anak-anak," tukasnya.
Camat Jatinegara, Muchtar menuturkan, berdasarkan data hingga Minggu (25/12) malam, terdapat 42 rumah warga yang terbakar.
"Untuk warga terdampak kebakaran terdiri dari 49 Kepala Keluarga (KK) dengan 150 jiwa," ucapnya.
Sementara itu Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Noufan memastikan, layanan adminduk diberikan secara maksimal bagi warga penyintas kebakaran.
"Sudah secara keseluruhan permohonan kita proses. Hanya KTP elektronik kita masih menunggu ketersediaan blangko dan sebagai solusi kita berikan Surat Keterangan (Suket)," tandasnya.