Rabu, 23 November 2022 Reporter: Nurito Editor: Budhy Tristanto 2846
(Foto: Nurito)
Guna meningkatkan kualitas pelayanan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar pelatihan kepada seluruh Petugas Layanan Operasi (PLO), Rabu (23/11). Kegiatan ini digelar di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur.
Direktur Pengembangan dan Pelayanan PT Transjakarta, Lies Permana Lestari mengatakan, total ada 3.719 peserta yang mengikuti pelatihan secara bertahap sejak September lalu.
Mereka diberikan banyak materi dalam menghadapi konsumen baik saat di dalam bus maupun halte. Seperti soal tata cara bersikap, komunikasi, penanganan pelanggan disabilitas hingga darurat. Peserta juga dilatih cara berkomunikasi hingga saat menghadapi adanya penumpang yang pingsan.
"
Total ada 3.719 PLO yang mendapatkan pelatihan secara bertahap sejak September lalu. Khusus hari ini, peserta ada 100 peserta yang dibagi dalam lima kelas. Masing-masing kelas berjumlah 20 peserta," papar Lies.Selain teori, menurut Lies, peserta pelatihan juga diajarkan praktek langsung cara memberikan pelayanan di dalam bus Transjakarta dan halte.
"Targetnya pada Desember mendatang sudah tuntas 100 persen," ungkapnya.
Menurut Lies, sebagai pelayan masyarakat petugas harus profesional dan bersikap pro aktif dalam menghadapi suasana darurat, tidak mudah terpancing dan tetap tenang jika ada pelanggan emosi.
"Diharapkan dari pelatihan ini para peserta semakin profesional dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Ini sekaligus untuk meng-upgrade kualitas petugas PLO di lapangan," pungkasnya.