Rabu, 21 September 2022 Reporter: Yudha Peta Ogara Editor: Erikyanri Maulana 1267
(Foto: Yudha Peta Ogara)
Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta mengadakan Komunikasi Publik Talk (KOPITALK) Sesi Keenam Tahun 2022 dengan tema ‘Ayo Cek Performa Sosial Mediamu’ secara daring pada Rabu (21/9).
Para peserta dari berbagai instansi di Pemprov DKI Jakarta mendapat pemahaman mengenai cara menganalisis performa akun sosial media.
Narasumber Chief Strategic Officer, Syafiq Pontoh dalam kesempatan itu memfokuskan pembahasan pada pemanfaatan analytic tools pada setiap platform sosial media. Ia mengatakan, berbagai platform sosial berkembang dengan cepat. Selain memahami perkembangan setiap platform, yang sangat penting adalah memahami peran dan fungsi pengguna sosial media.
Syafiq mengatakan, naik turun tingkat konsumsi berbagai platform sosial media juga terkait dengan konten audio visual atau konten video. Konten video dinyatakan sangat diminati oleh pengguna kanal digital dan sosial media.
"Tapi bisa kita lihat, dari sekian banyak konten video kadang kita suka berpikir, harus menghibur ya, harus komedian, dan viral," ujarnya pada kesempatan tersebut.
Padahal, menurutnya tidak selalu begitu. Pengguna akun sosial media, khususnya pada pemerintahan justru penting untuk memahami pembuatan konten yang bersifat "how to". Contohnya, bagaimana cara melaksanakan pembayaran PBB, bagaimana mengecek jadwal MRT, dan lain sebagainya.
"Konten “how to" itu adalah konten yang sangat dicari sama users di internet dan sering kali kita-kita lupa untuk membuat konten "how to". Seringnya itu konten promosi, konsen seremonial seperti itu, padahal konten "how to" itu sangat relevan," ungkapnya.
Dalam menganalisis performa sosial media, Syafiq menambahkan, penting untuk memahami tiga fungsi sosial media, yakni untuk membangun network atau jejaring, untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan basis yang relevan, dan sebagai kanal distribusi konten.