Rabu, 07 September 2022 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Andry 1500
(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)
Bank DKI menjalin kerja sama dengan PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia) dan PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) terkait pemanfaatan teknologi komputasi awan (cloud computing) dalam rangka memperkuat layanan dan ekosistem digital.
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama ini pada Selasa (6/9) kemarin.
Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, di tengah perkembangan era digital, Bank DKI berupaya konsisten memberikan layanan perbankan digital yang dapat memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan bertransaksi kepada nasabah.
“Untuk itu, kami melakukan percepatan proses transformasi digital Bank DKI dengan dukungan dari AWS Indonesia dan Telkomsigma,” ungkap Amirul, Rabu (7/9).
Amirul menjelaskan, upaya digitalisasi Bank DKI akan didukung AWS Indonesia melalui keberadaan solution architect serta pengembangan SDM IT untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengoperasikan layanan berbasis cloud computing.
“Dengan demikian, SDM IT Bank DKI akan mendapatkan sejumlah pelatihan dan enablement dari AWS dalam rangka peningkatan kapabilitas dan kompetensi mengenai komputasi awan,” ucapnya
Telkomsigma sebagai mitra lokal penyedia transformasi digital, dalam hal ini telah sepakat untuk menguatkan perjalanan modernisasi dan digitalisasi Bank DKI melalui infrastruktur berbasis cloud yang sejalan dengan roadmap transformasi digital Bank DKI.
Pada kerja sama ini juga tertuang kesepakatan Telkomsigma untuk memanfaatkan produk dan layanan perbankan dari Bank DKI.
Menurut Amirul, pemanfaatan cloud computing akan mendorong Bank DKI terus berinovasi memberikan layanan yang berfokus pada kebutuhan nasabah dengan cepat dan adaptif mengikuti tren teknologi terkini.
“Cloud akan menjadi backbone dari infrastruktur masa depan mewujudkan layanan perbankan digital dengan super app JakOne Mobile dan uang elektronik JakOne Pay untuk layanan transaksi digital yang cepat, aman, mudah dan handal,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Business and Sales Telkomsigma, Tanto Suratno menyampaikan, jalinan kerja sama ini menegaskan komitmen perusahaannya terus hadir sebagai mitra digitalisasi bagi sektor perbankan melalui dukungan infrastruktur berbasis cloud.
“Dalam hal ini kami wujudkan bagi Bank DKI dimulai dari layanan cloud IaaS, serta akan dikembangkan hingga cloud berbasis PaaS dan SaaS,” ucapnya.
Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto menambahkan, kolaborasi ini merupakan wujud komitmen perusahaannya untuk terus berkontribusi di Indonesia melalui capability yang dimiliki AWS Partner ecosystem dalam membangun cloud system.
“Khususnya di Bank DKI ini kami berharap akan memberikan benefit yang mendorong skalabilitas. Sehingga Bank DKI dapat melakukan modernisasi dalam bisnisnya,” tandasnya
Perlu diketahui, Bank DKI secara aktif melakukan inovasi digital sebagai pondasi pertumbuhan ke depan dengan melakukan digitalisasi yang dinilai sebagai enabler transformasi bisnis perusahaan.
Inovasi digital mulai dari saving bank (product centric) menjadi transaction bank (customer centric) yang akan memberikan solusi atas kebutuhan nasabah.
Kini, Bank DKI juga semakin adaptif memenuhi kebutuhan nasabah yang menuntut kemudahan layanan melalui transformasi layanan digital.
Melalui super app JakOne Mobile, Bank DKI menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah pengguna untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal.
Hal ini dimulai dari pembukaan rekening tabungan secara online di mana dan kapan saja, bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi QRIS, top up uang elektronik, bersedekah atau berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito.