Senin, 06 Desember 2021 Reporter: Anita Karyati Editor: Erikyanri Maulana 2736
(Foto: Anita Karyati)
Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakarta Pusat menggelar bursa kerja (job fair) di Ratu Plaza Lantai 2, Jalan Jenderal Sudirman No 9, Kelurahan Gelora, Tanah Abang. Bursa kerja yang berlangsung Senin (6/12) dan Selasa (7/12) menyediakan sebanyak 1.800 lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan.
Kepala Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim menuturkan, dalam sehari bursa kerja ini dibuka untuk 900 pelamar kerja yang dibagi menjadi enam sesi agar tidak menimbulkan kerumunan.
"Ada sekitar 50 perusahaan yang membutuhkan posisi seperti IT support, programmer, kasir, barista, admin sales dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi atau mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja," ujar Fidiyah, Senin (6/12).
Menurutnya, bursa kerja ini juga menghadirkan 10 Jakpreneur binaan Sudin Nakertrans untuk lebih mengenalkan brand atau produk UKM kepada masyarakat maupun para pencari kerja.
Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah menambahkan, pihaknya memiliki target sebanyak 18 ribu penempatan pencari kerja untuk tingkat DKI Jakarta. Sedangkan untuk Jakarta Pusat ditargetkan dapat menyerap sebanyak 5.100 pencari kerja.
"Bursa kerja ini akan diadakan di lima wilayah kota. Diharapkan kegiat
an ini mampu membuka kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat menampung pencari kerja sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja dan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai pengguna jasa tenaga kerja," katanya.Salah satu pencari kerja yang mengikuti kegiatan bursa kerja, Nindy (19) mengatakan, kegiatan ini sangat membantu kedua pihak baik pencari kerja dan pemberi kerja, karena ini merupakan kegiatan offline sehingga bisa langsung menemukan kecocokan.
"Saya sedang mencari pekerjaan dan ingin menambah pengalaman kerja. Semoga saya bisa diterima bekerja secepatnya," tandas warga Kecamatan Cempaka Putih ini.