Rabu, 01 April 2015 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Dunih 8561
(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berharap peningkatan kinerja petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di DKI Jakarta. Bahkan dalam melayani, diharap para petugas memiliki semangat seperti calo yang tidak ingin kehilangan pelanggan.
Semangat seperti para calo terhadap konsumen yang dimaksudkan Basuki adalah bentuk totalitas pelayanan yang diberikan. Yakni, setiap warga yang datang ingin mengurus berbagai keperluan di PTSP harus dilayani dengan baik sehingga merasa puas.
Ia teringat, saat bersama ayahnya berniat membeli mobil hard top di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat. Saat itu sejumlah calo mobil langsung menghampiri dan menawarkan jasa mencari mobil kepada sang ayah. Bahkan, mereka sampai dibawa berputar-putar oleh sang calo. Namun setelah sekian lama mencari, akhirnya mereka baru menemukan mobil jenis hard top yang ingin dibeli ada di daerah Jatinegara, Jakarta Timur.
"Saya mau petugas PTSP di Jakarta kayak calo. Petugas kita yang mengejar-ngejar pelanggan," ujarnya, Rabu (1/4).
Dari kisah tersebut, Basuki berharap para petugas dapat mencontoh semangat positif para calo. Yakni mengejar dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga.
"Sang calo sampai menelpon-nelpon menanyakan siapa yang menjual. Setelah bersama putar-putar Pecenongan tahunya malah ada di Jatinegara," kelakarnya.