PT MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Jumat, 26 Februari 2021 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2153

MRT Jakarta Berkomitmen Kembangkan Ekosistem UMKM

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing)

PT Mass Tapid Transit (MRT) Jakarta berkomitmen besar terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sewa tempat g ratis sejak April 2020

Saat ini, sudah ada sejumlah jenama UMKM yang tersebar di tiga stasiun ramai penumpang.

1. Stasiun Lebak Bulus Grab

Darkao (minuman cokelat), Broodmet (roti lapis), RA (fesyen), dan Gandumkoe Bakery (roti). Selain itu ada Wande Jajan dan Wande Seni yang merupakan koperasi binaan PT MRT Jakarta yang berisi produk UMKM dan gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Povinsi DKI Jakarta.

2. Stasiun Fatmawati

Batik Shio (fesyen), Komma (fesyen), Lemper Purnama (kudapan), dan Honey Loaf Bakery (roti).

3. Stasiun Dukuh Atas BNI

Lemper Purnama dan Gandumkoe Bakery

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim mengatakan, tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan, sekaligus memberikan kesempatan kerja agar membantu mempercepat perkembangan usahanya.

"Biaya sewa tempat dengan harga sangat terjangkau Rp 1,3 juta sudah termasuk gerai, fasilitas listrik, dan air, serta sistem point of sales. Bahkan, selama masa pandemi diberikan relaksasi sewa bulanan dengan mengenakan sewa Rp 0 atau gratis sejak April 2020," ujarnya, Jumat (26/2).

Silvia menjelaskan, untuk pelatihan bagi pelaku masih terus dilakuan secara virtual terutama untuk sektor fesyen dan kriya tentang berinovasi dan mengidentifikasi kebutuhan baru akibat pandemi seperti, membuat masker, kreasi konten digital, dan pelatihan pemasarannya.

"Ke depan kita sedang menjalankan proses transformasi digital, bukan hanya perusahaan PT MRT Jakarta saja. Namun, juga terhadap ekosistemnya yaitu, mitra, termasuk UMKM. Kita akan munculkan semua profil UMKM di aplikasi MRT-J kita," terangnya.

Sementara itu, Creative Director RA sebagai salah satu UMKM binaan, Restu Anggraini mengapresiasi PT MRT Jakarta yang telah memberi akses pemasaran bisnis fesyen yang digelutinya. Sehingga, bisa semakin dikenal oleh masyarakat.

"Adanya toko kami di MRT menjadikannya mudah dilihat semua orang. Kami juga mudah mendapat market baru seperti seragam kantoran. MRT membuka pasar yang lebih besar lagi buat brand kami," tandasnya.

BERITA TERKAIT
DKI Jakarta Jadi Kota Pertama di Asia Tenggara Juarai Sustainable Transport Award

DKI Jakarta Jadi Kota Pertama di Asia Tenggara Juarai Sustainable Transport Award

Kamis, 25 Februari 2021 2314

Jalur Hijau Kolong MRT Famawati di Jaksel Dipercantik

Jalur Hijau Kolong MRT Fatmawati Dipercantik

Rabu, 24 Februari 2021 2181

Ini Mitigasi Bencana MRT Hadapi Cuaca Ekstrem

PT MRT Jakarta Sudah Lakukan Mitigasi Bencana

Senin, 22 Februari 2021 2159

Ini Jadwal Operasional MRT Selama PPKM Mikro

Ini Jadwal Operasional MRT Selama PPKM Mikro

Kamis, 11 Februari 2021 1616

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469038

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307818

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284359

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260980

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196604

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks