Jumat, 17 April 2020 Reporter: Rezki Apriliya Iskandar Editor: Toni Riyanto 14881
(Foto: Istimewa)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah menyediakan berbagai macam situs kanal informasi COVID-19 yang dapat secara bebas diakses oleh publik.
Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, situs ini digunakan untuk mengakomodir informasi seputar layanan Pemprov DKI Jakarta terkait penanganan COVID-19.
"Ada banyak situs yang bisa diakses masyarakat. Seperti yang semua sudah tahu ada corona.jakarta.go.id. Situs tersebut sekarang makin berkembang dengan penambahan fitur-fitur baru sesuai perkembangan kasus. Selain itu ada juga website Jakarta Development Collaboration Network (JDCN ) yang telah dibuatkan link khusus dalam rangka COVID-19 untuk memfasilitasi seluruh stake holder yang ingin berkolaborasi dan berkontribusi untuk penanganan COVID 19," ujar Atika, Jumat (17/4), dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.
Lebih lanjut, berbagai fitur yang telah dikembangkan di situs corona.jakarta.go.id sebagai berikut;
1. Data pemantauan COVID-19 di DKI Jakarta, berisi:
a. Update jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 Nasional,
b. Kasus terkonfirmasi COVID-19 Jakarta,
c. Pasien Dalam Pengawasan (PDP),
d. Orang Dalam Pemantauan (ODP),
e. Mapping ODP, PDP, dan pasien positif
f. Informasi jenis kelamin, umur dan gender, akumulasi data ODP, PDP, dan pasien positif,
g. Diagram tren Nasional dan Jakarta,
h. Penambahan kasus harian,
i. Grafik akumulasi pemakaian Rapid Diagnostic Test,
j. Grafik pemakaman penazah dengan protap penanganan COVID-19 melalui https://corona.jakarta.go.id/id/data-pemantauan.
2. Peta Kasus COVID-19 di DKI Jakarta berdasarkan lokasi kelurahan yang di-update setiap pukul 09.00 WIB setiap harinya berisi data pasien positif COVID-19, pasien menunggu hasil laboratorium, dan Rumah Sakit rujukan COVID-19 melalui https://corona.jakarta.go.id/id/peta-kasus.
3. Peta Kronologis dan Perkembangan Kasus COVID-19, yang menampilkan kronologis penyebaran awal COVID-19. Fitur ini tidak memuat semua kasus, melainkan hanya kasus yang representatif untuk memudahkan visualisasi. Detail terkait data pribadi tidak ditampilkan untuk publik melalui https://corona.jakarta.go.id/id/peta-kronologis.
4. Peta Persebaran Positif COVID-19, menampilkan persebaran pasien positif per kelurahan di Jakarta yang didukung oleh peta ArcGIS milik Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta melalui https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran.
5. Data Monitoring Distribusi Bantuan Sosial, berisi:
a. Data distribusi bantuan,
b. Peta distribusi bantuan,
c. RW penerima bantuan,
d. Perkembangan penyaluran bantuan sosial DKI Jakarta, melalui https://corona.jakarta.go.id/id/data-bantuan-sosial.
6. Konten Publikasi, berisi informasi seputar COVID-19 di Jakarta berupa infografik dan siaran pers yang dapat diunduh oleh public melalui https://corona.jakarta.go.id/id/publikasi.
7. FAQ, berisi pertanyaan serta jawaban seputar COVID-19 dan bantuan sosial selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui https://corona.jakarta.go.id/id/faq.
8. Pemeriksaan Mandiri Gejala COVID-19. Masyarakat dapat melakukan skrining gejala COVID-19 dengan menjawab beberapa pertanyaan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dalam fitur ini juga terdapat informasi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi COVID-19, daftar RS Rujukan COVID-19, informasi COVID-19, dan cara melakukan disinfeksi melalui https://corona.jakarta.go.id/id.
9. Call Center Jakarta Siaga di nomor 112 dan posko Dinkes DKI Jakarta di nomor 081112112112 dan 081388376955, serta daftar rumah sakit rujukan beserta nomor kontaknya dapat diakses melalui https://corona.jakarta.go.id/id/contact.
Sementara itu, terdapat pula situs https:// jdcn.jakarta.go.id untuk memfasilitasi kolaborator dalam memberikan bantuan. Dalam situs tersebut terdapat informasi titik penempatan posko, serta katalog logistik yang terus diupdate. Terdapat pula nomor Chat Center untuk merespon pihak yang akan berkontribusi melalui nomor 081196000196 dan 081196000197. JDCN merupakan jejaring mitra pembangunan lokal dan internasional Jakarta untuk merumuskan dan mewujudkan solusi pembangunan kota melalui model kolaborasi yang berkelanjutan. JDCN menjadi wadah bagi kolaborator dan pemerintah provinsi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota.
Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga mengimbau masyarakat untuk tetap kritis terhadap berita yang diterima dan tidak mudah percaya dengan hoaks. Untuk memfasilitasinya, Pemprov DKI Jakarta menyediakan kanal resmi 'Jakarta Lawan Hoaks' (Jalahoaks). Masyarakat dapat melakukan klarifikasi fakta sekaligus memantau isu potensi hoaks melalui media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter dengan akun: @jalahoaks, serta website data.jakarta.go.id/jalahoaks, dan dapat melaporkan informasi yang bersifat provokatif, meragukan serta berpotensi sebagai hoaks melalui Chat Center dengan nomor Whatsapp 081350005331.
Keseluruhan informasi mengenai perkembangan COVID-19 dapat diakses melalui media sosial Pemprov DKI Jakarta, yaitu melalui:
a. YouTube: PemprovDKI
https://www.youtube.com/dkijakarta
b. Instagram: Pemprov DKI Jakarta
https://www.instagram.com/dkijakarta
c. Facebook: Pemprov DKI Jakarta
https://www.facebook.com/DKIJakarta/