Dinas Gulkaramat DKI Terus Tingkatkan Profesionalisme

Selasa, 14 Januari 2020 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 1801

Dinas Gulkaramat DKI Terus Tingkatkan Profesionalisme

(Foto: Reza Hapiz)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akan terus meningkatkan profesionalisme kerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga.

Kita ingin kejadian kebakaran bisa diatasi oleh masyarakat sejak dini dan mencegah supaya tidak terjadi kebakaran,

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, rencana dan program kerja untuk kemajuan institusi yang dipimpinnya ke depan sudah disusun. Implementasi yang berkaitan dengan tupoksi Gulkarmat tetap mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) beserta visi misi dan janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pak Gubernur sudah memberikan arahan kepada saya terkait pencegahan dan pemberdayaan masyarakat. Kita ingin kejadian kebakaran bisa diatasi oleh masyarakat sejak dini dan mencegah supaya tidak terjadi kebakaran," ujarnya, usai Upacara Serah Terima Jabatan di Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jalan KH Zainul Arifin, Kelurahan Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1). 

Satriadi menjelaskan, profesionalisme petugas pemadam dan sarana prasarana perlu ditingkatkan untuk menjawab tantangan pemadam kebakaran yang semakin besar karena berkaitan dengan penyelamatan. 

"Tupoksi kita berkaitan dengan penyelamatan sangat luas, termasuk juga evakuasi sarang tawon, ular, monyet, hingga melepaskan cincin dari jemari warga," terangnya.

Satriadi menginginkan, personel di Dinas Gulkarmat juga semakin mumpuni secara kemampuan dan keterampilan agar bisa meningkatkan prestasi di kancah internasional seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Setiap tahun kita selalu mengikuti skill competition, biasanya di Singapura. Ke depan kami akan seleksi di lima kota administrasi, kita seleksi yang terbaik serta mengadakan pelatihan sesuai standar yang akan dilombakan nantinya," ungkapnya.

Terkait antisipasi dampak musim hujan, Satriadi menambahkan, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta akan lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaan dan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait evakuasi korban banjir.

"Kepada para petugas jaga kesehatan, profesionalisme, tingkatkan kemampuan dan keterampilan. Jadilah pelayan masyarakat yang selalu hadir saat masyarakat butuh pertolongan atau bantuan," ucapnya.

Sementara itu, Mantan Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo berpesan, pimpinan atau figur bisa berganti, tetapi sistem dan organisasi harus tetap berjalan. 

"Semua personel wajib loyal kepada pimpinan atas nama institusi. Sepanjang itu menjadi perintah kedinasan maka wajib ditaati. Jaga soliditas dan kebersamaan untuk melayani masyarakat dengan baik," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Ular Piton di Jl Suci Berhasil Dievakuasi Petugas

Petugas Evakuasi Ular Piton dari Permukiman Warga di Susukan

Senin, 13 Januari 2020 1828

Sarang Tawon Berdiameter 50 Sentimeter Dievakuasi Petugas

Sarang Tawon Berdiameter 50 Sentimeter Dievakuasi Petugas

Selasa, 07 Januari 2020 1434

 Tujuh Personel Dinas Gulkarmat Berprestasi Diganjar Penghargaan

Tujuh Personel Dinas Gulkarmat Berprestasi Diganjar Penghargaan

Senin, 09 Desember 2019 2544

Lima PNS Sudin PKP Diusulkan Sebagai Pegawai Berprestasi

5 Personel Damkar Jakut Diusulkan Jadi PNS Berprestasi

Selasa, 25 Oktober 2016 8662

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469055

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307889

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284373

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260995

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196619

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks