Selasa, 20 Agustus 2019 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 2503
(Foto: doc)
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggelar Hobbies N Sport Exhibition Djakarta 2019 di Lapangan Bende Ancol, Jakarta Utara, mulai 23-25 Agustus. Kegiatan akan diisi dengan beragam lomba dengan total hadiah senilai Rp 200 juta.
Kegiatan ini akan dimeriahkan oleh kurang lebih 38 komunitas terdiri dari komunitas skateboard, BMX, inline skate, tamiya, lego, drone, parkour, motor mini, panahan, wakeboard, boomerang, dan masih banyak komunitas lainnya.
Dalam kegiatan ini akan dilombakan olahraga dan hobi seperti, skateboard, BMX, Inline Skate, tamiya, lego, concave, archery atau panahan, wakeboard, dan drone race.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, event ini menjadi menarik karena multi-komunitas hobi maupun olahraga di Jakarta berbaur dalam satu kegiatan. Kompetisi atau lomba dan eksibisi berbagai komunitas menjadi agenda utama dalam Hobbies N Sport Exhibition Djakarta 2019 ini.
"Ini adalah event perdana dari Disparbud DKI Jakarta. Ancol dipilih karena kami butuh tempat yang luas atau kapasitasnya bisa buat menampung semua peserta," ujarnya, Selasa (20/8).
Edy menjelaskan, Hobbies N Sport Exhibition Djakarta 2019 bertujuan untuk memperkenalkan destinasi minat khusus kepada masyarakat. Artinya, komunitas berbasis hobi dan olahraga juga bisa dijadikan destinasi alternatif selain tempat wisata dan hiburan.
"Kegiatan ini bukan hanya seremonial semata, tapi komunitas bisa beraktivitas dan mempromosikan eksistensi mereka," terangnya.
Sementara, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo mengatakan, peserta lomba/kompetisi tidak dikenakan biaya pendaftaran alias gratis.
"Ini wadah buat mereka menyalurkan hobi dan kemampuan mereka. Jangka panjangnya, ini akan jadi event tahunan, pestanya komunitas-komunitas yang ada di Jakarta," ungkapnya.
Ia menambahkan, selain mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan memperluas jejaring maupun relasi komunitas satu dengan yang lainnya.
"Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi atau eksibisi, market place, kuliner, dan hiburan. Kami menargetkan tiga ribu pengunjung setiap hari," tandasnya.