Kamis, 07 September 2017 Reporter: Erna Martiyanti Editor: Andry 2720
(Foto: Reza Hapiz)
Pengaduan yang disampaikan warga ke Jakarta Smart City (JSC) melalui aplikasi Qlue ditindaklanjuti secara bertahap.
Warga pun bisa memantau langsung pengaduan yang sudah dilaporkan.
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, ada tiga status yang menjadi indikator laporan warga di Qlue. Ketiganya, masing-masing ditandai warna merah atau wait (menunggu), kuning atau laporan sedang diproses, hijau atau telah dikerjakan.
"Wait adalah status ketika laporan yang dikirimkan baru masuk ke data kelurahan dan menunggu untuk ditindaklanjuti," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/9).
Menurut Dian, beberapa laporan yang sudah ditindaklanjuti dan menunjukan indikator hijau bisa saja kembali ke merah atau wait. Itu disebabkan karena ada pengguna Qlue lain yang merasa Tindak Lanjut (TL) dari petugas tidak sesuai harapan mereka.
"Beberapa laporan yang berstatus wait pada aplikasi Qlue sebenarnya sudah ditindaklanjuti pihak kelurahan. Tapi bisa saja pengguna Qlue lain melaporkan kembali karena kurang puas," ucapnya.
Dian menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan aplikasi Citizen Relation Management (CRM). Aplikasi ini
berguna untuk mengkoordinasikan antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dengan pengaduan warga."Laporan yang bukan kewenangan kelurahan bisa dikoordinasikan melalui CRM," ucapnya.