Selasa, 17 Mei 2016 Reporter: TP Moan Simanjuntak Editor: Nani Suherni 16283
(Foto: TP Moan Simanjuntak)
Pelayanan kesehatan yang memuaskan dirasakan warga di Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK) Cilincing, di Jalan Madya Kebantenan No 4, Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pasien yang meningkat.
Kepala Bagian Tata Usaha RSUK Cilincing, Mustomi menuturkan RSUK Cilincing sudah setahun berdiri. Data jumlah pasien bulan April 2016 khusus layanan poli sebanyak 4.745 pasien, rumah bersalin 111 pasien dan rawat inap sebanyak 237 pasien. Dari 4.745 pasien poli tersebut sebanyak 2.221 pasien menggunakan BPJS.
“Artinya dibanding periode yang sama tahun 2015, saat ini terjadi peningkatan pasien yang sangat drastis. April 2015 pasien poli hanya 637, rumah bersalin 17 pasien dan rawat inap 65 pasien,” ujar Mustomi, Selasa (17/5).
Saat ini, terdapat layanan spesialis penyakit dalam, anak, mata, kebidanan dan kandungan. Selain itu ada layanan poliklinik umum dan gigi. Kemudian layanan UGD 24 jam, rawat inap dan bersalin. Sejak berubah dari Puskesmas Kecamatan Cilincing menjadi RSUK Cilincing, setahun ini pelayanan terhadap pasien semakin ditingkatkan.
Salah satu warga Rusun Marunda Blok B Endah (27) mengatakan, ia datang ke RSUK Cilincing untuk memeriksakan kehamilannya yang memasuki usia 11 minggu. Ia mengaku layanan yang diberikan para petugas medis dan bagian adminitrasi sangat ramah dan terarah.
“Awalnya saya memeriksa kehamilan saya di Puskesmas Kelurahan Marunda. Tapi, agar kehamilan saya berjalan lancar sampai melahirkan, atas saran teman saya karena fasilitasnya lebih lengkap saya diminta untuk memeriksa kehamilan di RSUK Cilincinga,” ujar Endah, saat ditemui di RSUK Cilincing, Selasa (17/5).
Hal senada juga diutarakan Fatima (42) warga RT 04/03, Kelurahan Semper Timur. Dirinya yang berobat ke bagian Poli Umum RSUK Cilincing untuk mengobati sakit batuk dan flu sangat bersyukur dengan adanya RSUK tersebut.
“S
etelah ditingkatkan jadi RSUK fasilitasnya juga semakin banyak. Selain itu, semua petugasnya juga melayani dengan hati,” tandas Fatima.