Kamis, 24 April 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Andry 181
(Foto: Istimewa)
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Pemahaman Literasi Digital bagi Pelaku Usaha Koperasi dengan di The Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat pada 23 dan 24 April 2025.
"Tujuannya untuk mengoptimalkan pemasaran produk,"
Kegiatan bertema ‘Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Akses Pemasaran dan Daya Saing Usaha Koperasi’ ini diikuti 200 peserta yang terdiri dari koperasi binaan Dinas PPKUKM DKI Jakarta dan perwakilan pemerintah.
Adapun narasumber yang hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Bonifasius Wahyu; Kepala Bidang Strategi Pemasaran pada Asdep Pemasaran, Deputi Bidang Pengembangan Talenta dan Daya Saing Koperasi, Kementerian Koperasi Republik Indonesia, Stephen Stanly; dan Deputy Director Goverment Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang.
Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, literasi digital bukan hanya sebatas kemampuan untuk mengakses internet, tetapi juga mencakup kemampuan untuk memanfaatkan berbagai platform digital.
“Tujuannya untuk mengoptimalkan pemasaran produk, mengelola usaha secara lebih efisien, dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif,” ungkapnya saat membuka FGD, Kamis (24/4).
Ia berharap, diskusi ini tidak hanya menghasilkan wawasan baru, tetapi juga rekomendasi-rekomendasi praktis yang bisa diimplementasikan dalam kegiatan koperasi sehari-hari.
”Melalui kolaborasi dan komitmen kita semua, sektor koperasi akan makin kuat, kompetitif dan mampu memberikan kontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional dan Kota Jakarta dalam menyongsong 5 Abad Jakarta,” tandasnya.