Jumat, 21 Maret 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 363
(Foto: Istimewa)
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Raja MICE serta Jakarta Experience Board (JXB) telah mengadakan Table Top Paket Wisata Libur Lebaran di Jakarta dengan konsep Business to Business (B2B).
"paket wisata Lebaran di Jakarta dapat menjadi pilihan utama,"
Kegiatan yang berlangsung di Metro Park View Hotel Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah pada 20 Maret 2025 dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ke Jakarta selama libur Lebaran.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara penggiat industri pariwisata Jakarta dengan mitra bisnis di daerah.
“Jakarta memiliki berbagai destinasi menarik yang siap menyambut wisatawan selama libur Lebaran,” ujar Andhika, Jumat (21/3).
Andhika menjelaskan, acara ini merupakan bagian dari upaya strategis Dinas Parekraf DKI Jakarta untuk mempromosikan daya tarik wisata Jakarta kepada pasar domestik, khususnya di wilayah Jawa Tengah.
Kegiatan Table Top dikemas dalam bentuk direct promotion, interaksi langsung dilakukan antara penggiat industri pariwisata Jakarta dengan para pembeli potensial.
“Melalui kegiatan Table Top ini, kami ingin memperluas jaringan bisnis dan memastikan paket wisata Lebaran di Jakarta dapat menjadi pilihan utama bagi wisatawan dari Semarang dan wilayah sekitarnya,” ungkap Andhika.
Dalam pelaksanaannya, Table Top paket wisata lebaran ini telah menghadirkan berbagai penggiat industri pariwisata Jakarta, termasuk hotel, destinasi wisata, biro perjalanan wisata, serta penyedia layanan hiburan dan rekreasi.
Sementara itu, para buyers yang diundang mencakup perusahaan (corporate), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang, komunitas pariwisata, event organizer, serta biro perjalanan wisata.
Buyers yang hadir merupakan anggota-anggota dari Asosiasi Pariwisata yang tersebar di Jawa Tengah, antara lain: a) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Jawa Tengah. b) Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Jawa Tengah. c) Indonesia Inbound Tour Operator Association (IINTOA) Jawa Tengah. d) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Tengah. e) Perkumpulan Pegiat Wisata Nusantara (PPW Nusantara) Jawa Tengah.
Dinas Parekraf DKI Jakarta telah membawa 15 sellers, dengan target buyers yang melibatkan minimal 50 peserta dari unsur Biro Perjalanan Wisata, hotel, transportasi dan destinasi wisata dari Provinsi Jawa Tengah.
Berbagai promosi dan paket wisata menarik telah ditawarkan oleh mitra-mitra Lebaran di Jakarta, yakni ITC Group, Artotel Group, Sango Hotel Management, JXB Hotel Group, Bluebird Group, MRT, Azana Hotel Management
, PT KAI, Jakarta Aquarium Safari, Otaqu, dan Jakarta Good Guide.Andhika menambahkan, kehadiran mitra-mitra ini dapat memberikan pilihan wisata yang beragam dan menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan Lebaran di Jakarta.
“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi antara pemangku kepentingan pariwisata di Jakarta dan Jawa Tengah serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Jakarta selama periode libur Lebaran,” tandasnya.