Jumat, 07 Februari 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 626
(Foto: Nugroho Sejati)
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus mencatatkan prestasi membanggakan sepanjang tahun 2024. Dengan jumlah pelanggan yang menembus 371,4 juta orang, layanan ini semakin menjadi pilihan utama masyarakat Jakarta.
"A ktif merekomendasikan Transjakarta,"
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata lebih dari 1 juta pelanggan per hari menggunakan layanan Transjakarta, dengan cakupan populasi yang terlayani mencapai 91,7 persen.
Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza mengungkapkan, kepuasan pelanggan juga terus meningkat. Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) pada 2024 tercatat mencapai 4,4 dari skala 5, atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di angka 4,2.
“Artinya, semakin banyak pelanggan yang merasa puas dengan layanan kami,” ujar Welfizon, Jumat (7/2).
Tak hanya itu, Transjakarta kini juga mulai mengukur Net Promoter Score (NPS), yakni indikator yang mengukur seberapa besar pelanggan merekomendasikan layanan kepada orang lain. Ia menyampaikan, angka NPS Transjakarta mencapai 70 persen.
“Ini berarti mayoritas pelanggan tidak hanya puas, tetapi juga aktif merekomendasikan Transjakarta kepada teman dan keluarganya,” kata Welfizon.
Menurutnya, semakin tinggi angka NPS, semakin besar kemungkinan pelanggan menjadi ‘duta’ yang mempromosikan layanan dengan sendirinya atau berdasarkan rekomendasi pribadi. Ke depan, Transjakarta berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan tren positif ini.
“Dengan pencapaian NPS 70 persen, Transjakarta menunjukkan bahwa mayoritas penggunanya tidak hanya puas, tetapi juga aktif mengajak orang lain untuk beralih ke transportasi publik,” tandasnya.