Layanan Jemput Bola Adminduk Penyintas Kebakaran Kemayoran Diapresiasi Dewan

Kamis, 12 Desember 2024 Reporter: Dessy Suciati Editor: Toni Riyanto 758

Wakil Ketua Komisi A Dukung Disdukcapil Gercep Beri Layanan ke Penyintas Kebakaran

(Foto: Mochamad Tresna Suheryanto)

Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Alia Noorayu Laksono mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta yang sudah gerak cepat (Gercep) mengadakan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) kepada penyintas kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Tanggap terhadap situasi krisis"

Menurut Alia, layanan jemput bola yang dilakukan Disdukcapil merupakan langkah nyata kepedulian pemerintah untuk memenuhi kebutuhan warganya yang terdampak bencana. 

"Gerak cepat Dinas Dukcapil DKI Jakarta dalam memberikan layanan jemput bola bagi penyintas kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong patut diapresiasi," ujarnya, Kamis (12/12).

Alia mengatakan, posko layanan Adminduk menunjukkan respons proaktif Pemprov dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan kembali dokumen-dokumen kependudukan yang hilang atau rusak akibat kebakaran. 

"Kehadiran posko layanan Adminduk di lokasi bencana menunjukkan bahwa Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Dukcapil, tanggap terhadap situasi krisis dan siap memberikan pelayanan yang dibutuhkan dalam waktu singkat," terangnya.

Melalui layanan tersebut, Alia menambahkan, hak sipil penyintas kebakaran pun tetap terjamin dengan menyediakan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. Dokumen tersebut penting dimiliki agar masyarakat tetap bisa mengakses berbagai layanan, termasuk bantuan sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Alia menilai, layanan jemput bola yang dilakukan Dinas Dukcapil bisa membantu meringankan beban penyintas kebakaran baik dari segi waktu maupun biaya.

"Kehadiran pemerintah daerah di lokasi bencana memberikan dorongan moril yang penting bagi para penyintas kebakaran," ungkapnya.

Ia berharap, agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus memastikan kemudahan layanan bagi para penyintas kebakaran, di antaranya dengan melakukan sosialisasi layanan sehingga seluruh warga terdampak bisa memanfaatkannya dengan baik. 

"Petugas di lapangan harus memberikan pelayanan yang ramah dan responsif. Penyintas tidak hanya membutuhkan dokumen, tetapi juga pendampingan yang manusiawi dalam situasi sulit," bebernya

Alia juga mengusulkan agar Dinas Dukcapil bisa memperpanjang layanan hingga seluruh warga terdampak bisa merasakan kemudahan akses yang diberikan Pemprov DKI.

"Pengurus RT/RW serta relawan di lokasi dapat membantu mendata warga yang kehilangan dokumen agar proses pengurusan lebih terstruktur dan tidak ada yang terlewatkan," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Komisi C Dukung Dishub Optimalkan Penerimaan Restribusi

Komisi C Dukung Dishub Optimalkan Penerimaan Retribusi

Rabu, 11 Desember 2024 1129

 BPBD Pastikan Penyintas Kebakaran di Kebon Kosong Tertangani

BPBD Pastikan Penyintas Kebakaran di Kebon Kosong Tertangani

Rabu, 11 Desember 2024 937

Dukcapil Buka Posko Layanan Darurat di SDN 09 Kebon Kosong

Dukcapil Buka Posko Layanan Penyintas Kebakaran di SDN 09 Kebon Kosong

Rabu, 11 Desember 2024 1004

 600 Personel Gabungan Tingkat Kota Bersihkan Kolong Tol Jelambar Baru

Personel Gabungan Lanjutkan Penataan Kolong Tol Jelambar Baru

Rabu, 11 Desember 2024 744

Pemprov DKI Raih Penghargaan Honorable Awards dari Menteri PANRB

Pemprov DKI Raih Penghargaan Honorable Awards dari Menteri PANRB

Rabu, 11 Desember 2024 734

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469010

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 307721

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284338

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260951

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196584

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks