Senin, 11 November 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 594
(Foto: Istimewa)
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam World Travel Market (WTM) 2024 yang berlangsung di London, Inggris, pada 4 sampai 6 November 2024.
Kehadiran Dinas Parekraf DKI Jakarta di pameran pariwisata internasional ini untuk memperkenalkan pesona wisata Jakarta kepada wisatawan dan pelaku industri pariwisata dunia, serta memperkuat posisi Jakarta sebagai kota global destinasi pilihan wisata dan bisnis di dunia.
Dalam partisipasinya, Dinas Parekraf DKI Jakarta mengusung tema ‘Explore Jakarta, Discover Indonesia’ yang menampilkan beragam potensi wisata, mulai dari MICE, leisure, kuliner, budaya hingga perkembangan infrastruktur dan akomodasi yang semakin modern.
Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, WTM London 2024 menjadi momentum penting untuk memperkenalkan keindahan, keunikan, serta perkembangan pesat Jakarta sebagai destinasi wisata kelas dunia setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota.
“Kami berharap dengan kehadiran di sini, Jakarta semakin dikenal sebagai kota yang ramah, modern dan siap menyambut event internasional kelas dunia,” ujar Andhika, Senin (11/11).
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Helma Dahlia menyampaikan, WTM London 2024 juga menjadi kesempatan untuk mempromosikan potensi sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang berkembang pesat.
“Jakarta terus membangun fasilitas-fasilitas modern dan infrastruktur yang mendukung, menjadikannya kota yang siap menyambut berbagai acara internasional besar,” kata Helma.
Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana menjelaskan, melalui kehadiran di WTM London 2024, pihaknya optimistis mampu menarik minat wisatawan asing serta memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara.
“Langkah ini sejalan dengan komitmen Disparekraf DKI Jakarta untuk mendukung pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional,” ucapnya.
Sekadar diketahui, kehadiran Disparekraf DKI Jakarta di WTM London 2024 diharapkan dapat memperkuat hubungan internasional dalam sektor pariwisata dan menciptakan peluang baru untuk pengembangan pariwisata Jakarta di kancah global.
Jakarta juga dipromosikan sebagai pusat bisnis dengan fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang lengkap, sehingga siap menjadi tuan rumah bagi berbagai event internasional dengan tagline Jakarta Nice For MICE.
Pada booth Jakarta di WTM London, pengunjung dapat menemukan berbagai informasi menarik tentang objek wisata unggulan, seperti Kota Tua Jakarta, Ancol, Kepulauan Seribu, serta wastra khas Betawi dengan membawa pelaku ekonomi kreatif untuk membatik tulis, Batik Gobang Betawi.
Selain itu, Dinas Parekraf DKI Jakarta juga menampilkan keramahan kelas dunia dengan membawa Abang None Jakarta sebagai duta wisata, budaya dan ekonomi kreatif serta menjalin pertemuan bisnis (business matching) dengan agen wisata internasional untuk membangun kerja sama strategis dalam memperluas akses wisatawan mancanegara ke Jakarta.
Maka itu, Dinas Parekraf DKI Jakarta membawa 5 co-exhibitors yang terdiri dari venue, akomodasi dan tour operator/travel agent, yakni Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, Dwi Daya Tours, Universal Tour, Gelora Bung Karno, Hotel Artotel Senayan, Lisa Tour and Travel dan bersinergi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi yang turut hadir di booth Jakarta mempromosikan golden visa.