Kamis, 06 Juni 2024 Reporter: Anita Karyati Editor: Toni Riyanto 551
(Foto: Anita Karyati)
Sebanyak 48 warga di RW 03 Kekurangan Rawa Badak Selatan dan RW 05, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara memanfaatkan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk).
Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara,
Yudi Hermawan mengatakan, layanan yang diberikan meliputi, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), konsultasi, dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).
"Layanan jemput bola ini rutin diadakan untuk memudahkan masyarakat agar tertib adminduk,"
ujarnya, Kamis (6/6).Yudi menjelaskan, sebanyak 20 warga memanfaatkan layanan jemput bola di RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan.
"Ada delapan orang melakukan perekaman KTP elektronik dan 12 orang konsultasi serta aktivasi IKD," terangnya.
Ia menambahkan, untuk di RW 03, Kelurahan Lagoa tercatat ada 28 pemohon terdiri dari 14 orang melakukan perekaman KTP-el serta 14 lainnya aktivasi IKD dan konsultasi.
"Kesadaran warga Jakarta Utara terkait tertib adminduk sudah sangat tinggi. Indikatornya, persentase aktivasi IKD sudah mendekati 100 persen," bebernya.
Menurutnya, tingginya kesadaran warga ini tidak terlepas dari peran aparatur kecamatan dan kelurahan hingga pengurus RT/RW dalam menyosialisasikan pentingnya tertib adminduk.
"Layanan jemput bola ini akan terus kita gencarkan. Sebelum pelaksanaan tentu kita telah sosialisasikan terlebih dahulu kepada warga," ucapnya.
Sementara itu, salah seorang warga RT 02/05, Rawa Badak Selatan, Azka (16) menyampaikan terima kasih dengan adanya layanan jemput bola pengurusan adminduk gratis.
"Sangat memuaskan, mudah, cepat, dan menyenangkan. Petugasnya ramah-ramah, semoga layanan ini terus diadakan," tandasnya.